Marcella Zalianty Perjuangkan Kompetensi dan Kesejahteraan Pekerja Film

Elang Riki Yanuar    •    25 November 2016 13:31 WIB
parfi
Marcella Zalianty Perjuangkan Kompetensi dan Kesejahteraan Pekerja Film
Parfi 56 bertemu Komisi X (Foto: dok. parfi56)

Metrotvnews.com, Jakarta: Marcella Zalianty mulai menjalankan tugasnya sebagai ketua umum Parfi 56 (Persatuan Artis Film Indonesia). Bersama pengurus Parfi 56 seperti Ray Sahetapi, Wanda Hamidah, Ingrid Kansil, Nunu Datau, Marcella menemui Komisi X DPR RI.  

"Ini adalah action kami Parfi 1956 sejak pengukuhan pengurusnya beberapa waktu lalu. Intinya fungsi dan tujuan utama kami adalah selain peningkatan kualitas dan kompetensi, kami juga berpikir bagaimana kesejahteraan para pelaku industri film para aktor turut berkontribusi kepada kemajuan perfilman itu sendiri baik tingkat nasional internasional dan itu harus kita perjuangkan bersama agar perfilman bisa seperti di luar negeri," kata Marcella Zalianty dalam keterangan tertulisnya.

Marcella dan Parfi 56 memberikan masukan seputar revisi Undang-Undang Perfilman Indonesia. Sebagai industri, Marcella menganggap perfilman bisa memberikan kontribusi kepada perekonomian nasional. Oleh karena itu, menciptakan sebuah ekosistem yang sehat menjadi sebuah keharusan.

"Kebudayaan mestinya sebagai investasi bagi negara ini, bukan sebagai cost. Ini mesti diperjuangkan bersama. Tidak hanya pelaku film, terutama pemerintah juga para wakil rakyat," ujar Marcella.

Marcella ingin Parfi 56 fokus pada kesejahteraan pekerja film. Salah satunya dengan proteksi asuransi ketenagakerjaan. Marcella sebelumnya bertemu BPJS. Seluruh anggotanya akan mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara gratis sampai akhir tahun ini.

"Yang biasanya usianya di atas 56 tahun tidak bisa ditanggung asuransi, tapi Alhamdulillah melalui Parfi 56 aktor usia di atas 56 tahun yang masih aktif dapat diberikan dan beberapa waktu lalu pemberian kartu itu secara simbolis sudah diberikan kepada aktor senior sekaligus dewan kehormatan Parfi 56 Pak Dedi Sutomo," terang Marcella.

Marcella dilantik sebagai ketua Parfi 56 pada Oktober 2016. Dia menggantikan Gatot Brajamusti yang tersangkut kasus narkoba dan pelecehan seksual. Sebagai tanda dimulainya era baru dan lembaran baru, Marcella menyematkan '56' yang merupakan tahun kelahiran Parfi.

Pengurus Parfi 56 pun kini diisi oleh para pekerja film lintas generasi. Ada Dennis Adhiswara, Luna Maya, Laudya Chyntia Bella, Fachri Albar, Giring Nidji hingga aktor senior seperti Deddi Sutomo, Nani Wijaya dan lainnya.


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA