Film Marlina Dikirim ke Oscar 2019

Purba Wirastama    •    19 September 2018 12:21 WIB
film indonesia
Film Marlina Dikirim ke Oscar 2019
Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Foto: Cinesurya)

Jakarta: Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak menyusuri perjalanan baru ke Academy Awards atau Piala Oscar ke-91 di AS. Film besutan sutradara Mouly Surya ini telah dipilih untuk mewakili Indonesia dalam seleksi nominasi film berbahasa asing terbaik. 

Marlina produksi Cinesurya dipilih dari 101 film panjang rilisan setahun terakhir. Seleksi dilakukan komite komite khusus bentukan Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI).

"Secara filmis, dari segala macam unsur, termasuk tematik, kami pikir film ini pantas mewakili Indonesia dalam Oscar (kategori) Foreign Language," kata ketua komite Christine Hakim dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 18 September 2018.

Komite terdiri dari 14 orang. Selain Christine, ada Marcella Zalianty, Reza Rahadian, Alim Sudio, Benni Setiawan, Fauzan Zidni, Firman Bintang, Hardo Sukoyo, Yenny Rachman, Mathias Muchus, Roy Lolang, Thoersi Argeswara, Yudi Datau, dan Zairin Zain. 

Marlina menjadi film ke-20 dari Indonesia yang dikirim ke Oscar untuk seleksi nominasi kategori film berbahasa asing terbaik, menyusul Turah (Oscar 2017) dan Surat dari Praha (Oscar 2016). Film pertama yang dikirim adalah Nagabonar (1987) garapan MT Risyaf. Dari 19 film submisi itu, belum ada satupun yang lolos seleksi nominasi. 

Bersama film-film lain dari puluhan negara, Marlina akan diseleksi lebih lanjut oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Oscar. Kandidat nominasi akan diperkecil menjadi sembilan film saja, sebelum kemudian lima nomine diumumkan. 

Film ini mengikuti kisah Marlina (Marsha Timothy), seorang janda Sumba yang tinggal sendiri di atas bukit. Suatu hari, tujuh perampok datang. Marlina membela diri dan memenggal kepala bos perampok (Egy Fedly). Dengan membawa kepala perampok, Marlina hendak menyerahkan diri ke kantor polisi, tetapi perjalanan jauh itu sekaligus menjadi perjalanan batin.
 


(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

5 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA