Periskop Perfilman Indonesia 2018

Purba Wirastama    •    30 Desember 2017 13:19 WIB
periskop 2018
Periskop Perfilman Indonesia 2018
Wiro Sableng salah satu film yang tayang pada 2018 (Foto: dok. lifelikepictures)

Jakarta: Dalam catatan kami, sejauh ini sudah ada sedikitnya 42 film yang akan dirilis selama 2018. Sebagian besar sudah berjudul dan punya proyeksi jadwal rilis. Sebagian lagi masih tertutup tetapi dipastikan ada.

Jumlah tersebut tentu belum seluruhnya jika melihat pertumbuhan pasar penonton, bioskop, dan produksi film selama dua tahun ke belakang. Jika 2018 masih merunut pola 2016-2017 yang punya dua hingga empat film baru nyaris tiap akhir pekan, akan ada setidaknya 120 judul yang rilis selama 2018.

Badan Ekonomi Kreatif pun memperkirakan layar dan bioskop akan bertambah lebih banyak lagi pada 2018. Perluasan pasar ini, ditambah sejumlah program dukungan proyek film, diharapkan ikut mendorong pertumbuhan jumlah dan keragaman film produksi domestik.

Bekraf Proyeksikan Penambahan Bioskop Banyak Terealisasi di 2018

Kami merangkum sebanyak 27 film berjudul, yang diproyeksikan untuk rilis bioskop pada 2018. Daftar ini didominasi sekuel, daur ulang kisah lama, atau adaptasi. Lalu ada sejumlah debut penyutradaraan dari pembuat film muda, seperti Yandy Laurens, Sidi Saleh, dan Yusuf Radjamuda.

Berikut daftar film-filmnya, urut sesuai perkiraan waktu rilis dari awal hingga akhir.

1. Ghost
Film horor dari sutradara Findo Purwono dan produser Ravi Pridhani. Kisah tentang remaja dan tiga kawan yang bermain papan oujia saat liburan sekolah dengan aktor utama Salshabila Adriani. Rilis bioskop 25 Januari 2018.

2. Dilan 1990
Adaptasi novel Dilan karya Pidi Baiq. Pidi turut mengerjakan bersama sutradara Fajar Bustomi di bawah atap produksi Max Pictures. Iqbaal Dhifkari eks CJR dan Vanesha Prescilla menjadi aktor utama. Rilis bioskop 25 Januari 2018.

3. Kasinem is Coming
Drama komedi garapan sutradara Hasto Broto bersama Bidar Batavia Film. Cerita tentang Kasinem gadis desa yang memutuskan bekerja di luar negeri, dengan aktor Naysilla Mirdad, Limbad, Nadia Pasha, Chelsea Agatha, Yanti Yasser, dan Grace Iskandar serta Jarwo Kwat. Rilis bioskop Februari 2018.

4. Pai Kau
Debut Sidi Saleh sebagai penulis dan sutradara film cerita panjang di bawah atap produksi Kaninga Pictures. Cerita tentang pasangan yang didatangi orang dari masa lalu pada menit jelang pernikahan. Aktor utama adalah Irina Chu, Anthony Xie, dan Ineke Valentina. Rilis bioskop 8 Februari 2018.

5. Eiffel I'm in Love 2
Sekuel film drama remaja tahun 2003 produksi Soraya Intercine Films. Film pertama diadaptasi dari novel karya Rachmania Arunita oleh sutradara Nasri Cheppy. Sekuel digarap penulis Donna Rosamayna dan sutradara Rizal Mantovani. Bintang utama Shandy Aulia dan Samuel Rizal. Rilis bioskop 14 Februari 2018.

Eiffel I'm in Love 2 (Soraya Intercine Films)


6. The Seen and Unseen
Film garapan Kamila Andini bersama Treewater Productions dan Fourcolours. Kisah berlatar kultur Bali tentang bocah yang menghadapi kepergian saudara kembarnya, dengan aktor Thaly Titi Kasih, Gus Sena, Ayu Laksmi, dan Happy Salma. Film telah mampir ke sejumlah festival dan akan dirilis bioskop pada awal 2018.

7. Jailangkung 2
Sekuel dari Jailangkung, film horor reboot laris 2016 garapan duo sutradara Rizal Mantovani dan Jose Poernomo. Kolaborasi produksi Screenplay dan Legacy. Kisah seputar praktik ritual boneka pemanggil arwah di masyarakat modern.

8. London Love Story 3
Sekuel kedua dari film laris 2015-2016 garapan sutradara Asep Kusdinar bersama Screenplay Pictures. Cerita menyorot awal babak pernikahan dua sejoli yang diperankan Dimas Anggara dan Michelle Ziudith. Rilis bioskop pada awal 2018.

9. Danur 2: Maddah
Sekuel film horor adaptasi garapan sutradara Awi Suryadi bersama MD Pictures. Cerita tentang perempuan indigo dan tiga hantu sahabatnya sejak belia, dengan aktor utama Prilly Latuconsina.

10. Insya Allah Sah 2
Sekuel film drama komedi adaptasi garapan Benni Setiawan bersama MD Pictures. Kisah aslinya diceritakan di novel berjudul sama (2015) karya Achi TM.

11. Catatan Si Boy Reborn
Daur ulang atas film Catatan Si Boy. Produksi oleh MD Pictures.

12. 3 Dara 2
Sekuel film drama komedi 2015 garapan sutradara Ardy Octaviand bersama MNC Pictures. Cerita tentang tiga lelaki seksis yang diperankan oleh Tora Sudiro, Adipati Dolken, dan Tanta Ginting. Rilis bioskop kemungkinan besar pada semester pertama 2018.

13. Gila Lu Ndro!
Film ketiga Falcon Pictures terkait tokoh dari film Warkop DKI, dengan sutradara dan penulis Herwin Novianto. Indro Warkop dan Tora Sudiro menjadi aktor utama.


Poster Gila Lu Ndro! (Foto: dok. falconpictures)

14. Benyamin Biang Kerok
Daur ulang film klasik berjudul sama oleh sutradara Hanung Bramantyo bersama Falcon Pictures dan bintang utama Reza Rahadian. Film akan terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama dirilis di bioskop pada Maret 2018.

15. Wengi: Anak Mayit
Film horor garapan sutradara Nayato Fio Nuala bersama Prized Production dan SRN Pictures. Sara Wijayanto menjadi aktor utama. Aktor lain adalah Jajang C Noer, Dwi Surya, Demian Aditya, Nadira Octova, Atiyah Shahab, dan Selvy Kitty.

16. Laut
Film fiksi kolaborasi Kaninga Indonesia dan Nikkatsu Jepang dengan sutradara Koji Fukada. Cerita tentang pria misterius dari pesisir Aceh pasca-tsunami, dengan aktor Dean Fujioka, Mayu Tsuruta, Adipati Dolken, dan Sekar Sari. Rilis pertengahan 2018.

17. The Returning
Film drama horor garapan sutradara Witra Asliga bersama Kaninga Pictures. Kisah berlatar 1990-an tentang sosok ayah yang kembali ke rumah setelah mati dalam kecelakaan tragis, dengan bintang utama Laura Basuki dan Ario Bayu. Direncanakan untuk rilis di festival film terlebih dulu pada 2018.

18. Love for Sale
Film drama garapan sutradara Andi Bachtiar Yusuf dan penulis Irfan Ramly bersama Visinema dan Stayco Media. Cerita tentang lelaki lajang usia 40-an yang ditantang sahabat untuk membawa pasangan saat pesta pernikahan, dengan bintang utama Gading Marten. Rilis bioskop Maret 2018.

19. Partikelir
Debut film panjang Pandji Pragiwaksono sebagai penulis dan sutradara. Pandji jadi komika keempat yang berkolaborasi dengan Starvision Plus sebagai kreator cerita film. Rilis pada kuartal pertama 2018.

20. Keluarga Cemara
Adaptasi dari sinetron berjudul sama oleh penulis Gina S Noer dan sutradara Yandy Laurens di bawah naungan Visinema. Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir menjadi pemeran tokoh Abah dan Emak. Produksi hingga Januari 2018 untuk rilis pada tahun  yang sama.

Serial Televisi Keluarga Cemara Diangkat ke Layar Lebar (Foto: Antara)


21. Reuni Z
Komedi horor zombie garapan Soleh Solihun bersama Rapi Films, dengan bantuan Monty Tiwa, Agasyah Karim, dan Khalid Kashogi. Soleh menjadi salah satu pemain utama bersama Tora Sudiro, Ayushita, dan Dinda Kanya Dewi. Rilis bioskop April 2018.

22. 5 Cewek Jagoan
Daur ulang film Lima Cewek Jagoan (1980) sekaligus sekuel film 5 Cowok Jagoan: Rise of the Zombies (2017) garapan Anggy Umbara bersama MVP Pictures. Aktor utama dalah Tika Bravani, Nirina Zubir, Ariel Tatum, Dewi Sandra, Mika Tambayong, dan Verdi Solaeman. Rilis bioskop pertengahan 2018.

23. Kuntilanak (reboot)
Daur ulang atas trilogi horor Kuntilanak (2006-2008). Produksi MVP Pictures. Selain ini, MVP juga punya lima proyek film lain dengan sutradara berbeda.

24. Terbang Menembus Langit
Film drama sutradara Fajar Nugros bersama DemiIstri Production. Kisahnya tentang putra Tarakan keturunan Tionghoa yang membangun bisnis dari nol, dengan aktor utama Dion Wiyoko dan Laura Basuki.

25.  Si Doel The Movie
Adaptasi sinetron populer era 1990-an oleh Rano Karno, yang juga berperan sebagai 'Si Doel' dalam versi sinetron. Kisah melanjutkan hubungan cinta segitiga Doel, Zaenab, dan Sarah. Versi sinetron merupakan adaptasi dari novel karya Aman Datuk Majoindo. Syuting akan dilakukan di Belanda mulai Januari 2018.

Rano Karno dan Mandra syuting Si Doel the Movie (Foto: Instagram)


26. Wiro Sableng: Pendekar Kapak Naga Geni 212
Adaptasi novel seri karya Bastian Tito oleh produser Sheila Timothy dan sutradara Angga Dwimas Sasongko di bawah naungan Lifelike Pictures dan Fox International Productions. Bintang utama antara lain Vino G Bastian dan Ruth Marini. Rilis bioskop akhir 2018.

27. Mountain Song
Debut Yusuf Radjamuda alias Papa Al sebagai sutradara film cerita panjang bersama fourcolours films. Kisah tentang ibu dan anak yang mendiami pegunungan Sulawesi Tengah, tempat indah tetapi sulit dijangkau. Saat dibawa pergi karena sakit, sang ibu mengajari anaknya tembang tradisi lama untuk menemani dia saat sendiri. Saat ini sudah dalam tahap pasca-produksi.

Proyek Lain

Selain 27 film di atas, masih ada sedikitnya 15 proyek film yang punya jadwal rilis 2018. Informasi mengenai proyek film-film ini masih terbatas.

Menyusul kesuksesan adaptasi novel Critical Eleven, ada empat novel lain karya Ika Natassa yang akan diangkat ke film cerita panjang. Salah satu film akan diproduksi oleh MD Pictures.

MVP Pictures tak hanya menyiapkan film 5 Cewek Jagoan dan Kuntilanak versi daur ulang. Menurut produser Amrit Punjabi, mereka punya lima proyek film lain untuk tahun rilis 2018. Dua sutradara yang terlibat adalah Hanung Bramantyo dan Benni Setiawan.

MD Pictures juga tak berhenti di empat proyek sekuel untuk 2018. Dengan tingkat produksi dan distribusi sama seperti 2017, yaitu nyaris tiap bulan satu film rilis, ada sedikitnya enam proyek film lain selama 2018.

Setelah Susah Sinyal, Ernest Prakasa masih punya kontrak dua film lagi dengan Starvision hingga 2019. Dua film berikutnya akan dirilis setiap akhir tahun.

Kemudian ada tiga proyek film yang direncanakan akan masuk tahap produksi pada 2018 untuk rilis tahun berikutnya.

Ada drama fantasi Abracadabra dari Ifa Isfansyah dan Faozan Rizal, adaptasi novel Bumi Manusia oleh Hanung Bramantyo dan Salman Aristo, dan Tsunami dari Goshen Media dan Shinework Pictures dari Tiongkok.











 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

4 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA