Christopher Nolan Heran Kisah Dunkirk 1940 Belum Pernah Diangkat ke Film Modern

Purba Wirastama    •    15 Juli 2017 15:52 WIB
christopher nolantrailer dunkirk
Christopher Nolan Heran Kisah Dunkirk 1940 Belum Pernah Diangkat ke Film Modern
Adegan Dunkirk (Foto: Youtube)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Dunkirk garapan Christopher Nolan diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi di perairan pantai Dunkirk Prancis pada musim panas 1940. Waktu itu, ada suatu misi evakuasi untuk membawa pulang 400 ribu tentara sekutu Inggris yang terjebak di pantai dan dikelilingi pasukan musuh Jerman.

Dalam wawancara dengan kanal The Upcoming di YouTube, Nolan bercerita bahwa kisah sejarah ini sudah diceritakan turun temurun di kalangan masyarakat Inggris. Nolan sendiri pernah menyeberang dari Inggris ke Dunkirk bersama istrinya, dan bercerita bahwa perjalanan tersebut memang sulit.

"Emma dan aku pernah melakukan sebuah perjalanan penting menuju Dunkirk dengan kapal kecil teman kami, sekitar 20 tahun lalu. Penyeberangan ini sangat sulit. Kami semakin kagum kepada orang-orang yang melakukan itu pada 1940 dan membantu evakuasi," kata Nolan kepada The Upcoming.

"Kami heran kisah ini belum diceritakan di dalam sinema modern (sebelum film Dunkirk)," lanjut Nolan.

Emma secara spesifik menyebut bahwa kondisi cuaca menjadi salah satu tantangan besar bagi para penyeberang. Pada pertengahan 1940, wilayah Inggris, Irlandia, dan sebagian wilayah di bagian utara Prancis sedang memasuki musim panas.

"Cuara di Eropa utara waktu musim panas sangat menantang. Kami berada di pantai dengan pasir yang tertiup ke arah kami, dan di laut yang sangat berombak. Itu terjadi tanpa henti. Sulit menyangkal bahwa situasi waktu itu jauh lebih sulit untuk orang-orang," ujar Emma.

Film Dunkirk mengikuti perjalanan 400 ribu tentara sekutu dari Inggris dan Prancis, yang terjebak di pantai Dunkirk pada musim panas 1940. Mereka dikelilingi oleh pasukan musuh dari Jerman. Sebuah misi evakuasi dilakukan dan berlangsung dari 26 Mei hingga 4 Juni 1940, ketika Perang Dunia II sedang memasuki tahap awal.

"Secara garis besar cerita dibagi ke tiga sudut pandang. Darat, laut, dan udara. Kami berusaha untuk tetap bercerita dari sudut pandang subjektif manusia. Namun setiap alur bertemu dan sampai pada gambaran yang lebih besar atas apa yang terjadi selama evakuasi," jelas Nolan.

Naskah dan penyutradaan film ditangani oleh Nolan, yang juga menjadi produser bersama Emma. Produksi dilakukan oleh Syncopy dan hak distribusi dipegang oleh Warner Bros Pictures. Sejumlah pemain yang terlibat antara lain Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Harry Styles, Cillian Murphy, dan Tom Hardy.

Dunkirk dijadwalkan tayang di Indonesia mulai Kamis 20 Juli 2017.



 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

1 week Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA