Film Bisu Setan Jawa Akan Bertamu di Artjog 2017

Purba Wirastama    •    14 Mei 2017 11:15 WIB
film indonesia
Film Bisu Setan Jawa Akan Bertamu di Artjog 2017
(Foto: Dok. Djarum Foundation)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Setan Jawa  arahan Garin Nugroho akan kembali ditayangkan pada 21 Mei di Yogyakarta dalam program spesial festival seni Artjog 2017. Film bisu hitam-putih ini akan ditayangkan dengan iringan musik gamelan garapan Rahayu Supanggah.

Sebelumnya film ini tayang perdana di Jakarta pada September 2016. Setelah itu bertandang ke Arts Centre Melbourne Australia pada Februari 2017 dalam acara Asia Pacific Triennial of Performing Arts.

Kisahnya mengambil latar Jawa abad 20 pada era kolonial Belanda. Asih (Asmara Abigail), gadis pingitan dari kelurga ningrat, bertemu dengan pemuda miskin bernama Setyo (Heru Purwanto) dan saling jatuh cinta. Setyo lalu melamar Asih, tetapi orangtuanya menolak.

Setyo pun meminta pertolongan setan lewat pesugihan kandang bubrah. Dia menjadi kaya dan dapat menikahi Asih, tetapi dengan dua syarat. Salah satu bagian rumahnya harus diperbaiki terus menerus, dan jika waktunya tiba, Setyo harus jadi salah satu pilar yang menyangga rumahnya.

Asih mengetahui bahwa suaminya telah melakukan pesugihan. Dia pun pergi mencari Setan Jawa (Luluk Ari) untuk meminta pengampunan.

Dengan menyorot praktik pesugihan, mistisme lokal menjadi tema besar kisah film ini. Bagi Garin, mistisme merupakan bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

"Mistisme menjadi bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, baik dalam sosial, kehidupan pribadi, ekonomi, politik. Presiden Indonesia pun kalau tidak ada cerita mistisnya, tidak akan pernah terpilih di Indonesia," kata Garin.

Salah satu hal menarik dari Setan Jawa  adalah eksplorasi koreografi tari yang menjadi salah satu unsur utama penceritaan film. Serupa seperti Opera Jawa  (2006), film Garin sebelumnya tentang cinta segitiga satu perempuan dan dua pria. Bedanya, film kedua dikemas tanpa suara dalam warna hitam putih.

Setelah Artjog 2017, Setan Jawa  akan bertandang ke beberapa negara, antara lain Belanda, Singapura, London, serta Skotlandia.


(DEV)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

5 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA