Dewi Lestari Berkhayal Punya Kedai Kopi Saat Tulis Cerpen Filkop

Purba Wirastama    •    12 Juli 2017 17:49 WIB
filosofi kopi
Dewi Lestari Berkhayal Punya Kedai Kopi Saat Tulis Cerpen Filkop
Dewi Lestari (Foto:Antara/M Risyal Hidayat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cerita asli Filosofi Kopi  dibuat oleh Dewi Lestari pada 1996, ketika kultur kedai kopi urban di Indonesia belum seperti sekarang. Dewi mengakui bahwa situasi kedai yang dia bangun sepenuhnya merupakan hasil imajinasi tanpa sumber referensi khusus.

 
"Saya memang mengkhayalkan punya kedai kopi. Saat itu memang kultur kopi belum seperti ini. Sepenuhnya rekaan, dan mungkin juga harapan, suatu saat akan ada tempat seperti ini," kata Dewi usai press screening Filosofi Kopi: Ben & Jody  di Plaza Indonesia Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Dewi juga mengaku saat itu belum pernah mengunjungi kedai kopi serupa yang lebih dulu populer di luar negeri. Situasi kedai kopi dan tokoh barista fanatik kopi seperti Ben disebut sebagai hasil imajinasi. Dewi juga belum pernah meminum kopi seperti kopi tiwus, yang sebenarnya hanya merupakan kopi tubruk dari biji kopi tertentu.
 
"Saya membayangkan, andai ada kopi seperti itu. Sampai bisa mengubah batin kita," ujarnya. 
 
Dalam kedai Filosofi Kopi rekaan Dewi, sang barista memberi makna untuk setiap jenis penyajian kopi. Mulai dari cappucino, cafe latte, hingga resep buatan sendiri. Bagi Ben sang barista, meminum kopi seolah menjadi sebuah ritual sakral yang selalu reflektif dan mendalam. Menurut Dewi, karakter Ben dibuat berdasarkan persepsi personal dia soal kopi.
 
"Saya suka kopi. Saya merasa kopi itu minuman berkarakter. Ya persis Ben. Pendapat Ben adalah pendapat saya," tukasnya.
 
Kisah Filosofi Kopi telah diadaptasi ke dalam film panjang garapan sutradara Angga Dwimas Sasongko. Film berjudul sama ini dirilis pada 2015, dan disusul dengan satu film sekuel, Filosofi Kopi: Ben & Jody
 
Film kedua bercerita tentang mimpi baru Ben (Chicco Jerikho) dan rekannya Jody (Rio Dewanto) untuk kembali mendirikan kedai kopi nomor satu, setelah dua tahun berkeliling Indonesia dan berjualan kopi dengan mobil kombi.
 
Perjalanan mereka diwarnai konflik perbedaan persepsi. Jody sendiri sadar bahwa dirinya selalu berada di bawah bayang-bayang Ben. Mereka juga bertemu dua perempuan, Tarra investor kedai, dan Brie (Nadine Alexandra) barista geek lulusan sekolah pertanian.
 
Filosofi Kopi 2: Ben & Jody akan tayang di bioskop mulai Kamis 13 Juli 2017.



(DEV)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

6 days Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA