Certain Women, Film Terbaik di London Film Festival

Nia Deviyana    •    17 Oktober 2016 11:02 WIB
penghargaan film
Certain Women, Film Terbaik di London Film Festival
(Foto: Aceshowbiz)

Metrotvnews.com, London: Penghargaan tertinggi di ajang London Film Festival dimenangkan Certain Women, film garapan sutradara Kelly Reichardt. Film drama ini memenangkan kategori Best Film.

Dengan latar tempat daerah pedesaan di Amerika, Certain Women dibintangi Kristen Stewart, Laura Dern, dan Michelle Williams bercerita tentang tiga perempuan dengan status berbeda, namun dihadapkan pada permasalahan yang sama.

Steve McQueen juga mendapat penghargaan spesial. Sutradara berkebangsaan Inggris ini menerima British Film Institute yang diserahkan Michael Fassbender (aktor yang membintangi tiga film McQueen, yakni Hunger, Shame, dan 12 Years a Slave).

"Ada dua hal yang saya yakini tentang hal ini, pertama aku hitam. Kedua, aku berkebangsaan London," ujar McQueen seperti dilansir Aceshowbiz.

Pernyataan McQueen seolah ingin menyiratkan tak ada diskriminasi dalam ajang ini. Seperti diketahui, isu diskriminasi ras dan gender dua tahun belakangan ini cukup disoroti. Ajang Oscar misalnya, ada banyak protes yang merujuk pada nominasi yang didominasi aktor kulit putih.

Dalam pidatonya, McQueen juga membahas soal kebebasan yang mulai dibatasi. Namun, ia seperti menyiratkan tak akan menyerah terhadap hal tersebut.

"Saya punya kebebasan karena masyarakat memungkinkan saya memiliki kebebasan itu. Tampaknya kebebasan perlahan-lahan sekarang mulai dibatasi, tugas kita agar hal itu tidak terjadi."

Film Raw arahan sutradara Prancis Julia Ducournau berhasil meraih penghargaan Best Feature. Starless Dreams arahan Mehrdad Oskouei mendapat penghargaan Best Documentary. 9 Days-From My Window in Allepo karya fotografer Suriah Issa Tourma memenangkan Best Short Film.

(DEV)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA