Kisah Riri Riza dan Jusuf Kalla Makan Bebek Usai Menonton Film Athirah

Agustinus Shindu Alpito    •    23 September 2016 10:50 WIB
film indonesia
Kisah Riri Riza dan Jusuf Kalla Makan Bebek Usai Menonton Film Athirah
Riri Riza (Foto: MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Riri Riza bersama Miles Films segera merilis film Athirah pada 29 September mendatang. Athirah merupakan film ke-16 yang diproduksi Miles Films selama 20 tahun berdiri. Uniknya, Miles Films justru mengangkat sisi ketegaran dari seorang ibu yang tidak lain ibunda Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Film Athirah diangkat dari novel dengan judul sama yang ditulis Alberthiene Endah. Dalam proses produksi, Riri selaku sutradara tetap melibatkan keluarga Jusuf Kalla.

"Yang pasti ada keterlibatan keluarga pak Jusuf Kalla. Novel ditulis Alberthiene dengan proses riset panjang. Saya bertemu beliau (Jusuf Kalla) dua kali saat penulisan skrip," kata Riri dalam jumpa pers di Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis (23/9/2016).

Riri kemudian menceritakan bahwa Jusuf Kalla sudah melihat film Athirah lebih dulu sebelum film ini dirilis.

"Film Athirah sudah pernah dipertontonkan ke Pak Jusuf Kalla, tujuh bulan lalu. Kayaknya dia happy, karena saya habis itu diajak makan bebek," kata Riri seraya tertawa.

Baca: Cut Mini Perpanjang Harapan di Film Athirah

Dalam keterangan pers, Mira Lesmana selaku produser mengagumi keterbukaan keluarga Kalla dalam membagikan kisah personal keluarga mereka. Bukan melihat persoalan keluarga sebagai aib, namun sebagai sesuatu yang diharap dapat menginspirasi.

"Novel Athirah begitu menarik. Potret seorang ibu yang harus menghadapi kenyataan hidup yang pahit tapi terus mencari cara untuk mempertahankan harga diri dan keluarganya. Sebuah kisah yang sama sekali tidak mengelu-elukan kehebatan sebuah nama besar ‘Kalla’, justru memperlihatkan luka keluarga yang biasanya justru 'ditutup-tutupi," kata Mira.

Film Athirah Dibawa ke Festival Internasional

Athirah bisa dibilang unik, film drama ini bukan menonjolkan sosok glamor perempuan istri pengusaha kaya yang juga sukses dalam berdagang. Tetapi menonjolkan bagaimana peran kunci seorang perempuan dalam mempertahankan keluarga, dengan segala permasalahan rumah tangga yang terjadi.

"Ini diharapkan jadi cerita semua orang. Sosok Athirah diharapkan jadi milik semua, ada bagian dari kita di dalam cerita," tukas Riri.

Athirah diperankan oleh Cut Mini, sedangkan Jusuf Kalla sewaktu kecil hingga remaja diperankan oleh Christoffer Nelwan, kemudian Jusuf Kalla dewasa diperankan Nino Prabowo.




(ELG)