Film Pengabdi Setan Asli Versi Restorasi akan Dirilis di Bioskop

Purba Wirastama    •    25 Maret 2018 18:37 WIB
film pengabdi setan
Film Pengabdi Setan Asli Versi Restorasi akan Dirilis di Bioskop
Cuplikan Pengabdi Setan versi 1980 (YouTube Flik TV).jpg

Jakarta: Sisa-sisa dengung ketenaran film Pengabdi Setan garapan Joko Anwar rupanya tak ingin dilewatkan begitu saja. Film aslinya, yang digarap sutradara Sisworo Gautama Putra pada 1980, akan dirilis ulang dalam versi restorasi.

Program restorasi dan perilisan ulang ini diadakan atas kerja sama Go-Tix, Flik TV, dan CGV Indonesia dalam tajuk Vintage Film Festival. Untuk film klasik pertama, mereka menggandeng Rapi Films untuk merilis ulang film Pengabdi Setan asli.

Bagi yang belum tahu, restorasi film merujuk ke serangkaian proses untuk menyelamatkan berkas film lama berbentuk gulungan seluloid yang telah mulai rusak. Data film, baik visual maupun audio, diubah ke bentuk digital dan kualitasnya ditingkatkan. Misalnya perbaikan warna dan koreksi suara bising serta gambar rusak.

"Ide Vintage Film Festival adalah kembali menghadirkan film-film lama Indonesia yang luar biasa dengan kualitas yang luar biasa, setara dengan film-film Indonesia yang Anda tonton di bioskop sekarang," kata Vice President Marketing Loket/Go-Tix Ario Adimas dalam kicauan berseri tentang program ini, Sabtu, 24 Maret 2018.
 
Produser Sunil Samtani dari Rapi Films menyebut bahwa Pengabdi Setan 1980 termasuk film yang punya basis penggemar kuat. Menurut Sunil, banyak orang masih ingin menonton film horor klasik ini.

"Menurut saya film ini film cult dan banyak orang masih mau nonton. Apalagi ini versi yang sudah restorasi, tanpa scratch dan warna lebih baik. Jadi ini kerja sama dengan Go-Tix dan Flix. Mereka juga bantu atur semua dengan CGV," kata Sunil Medcom.id, Minggu, 25 Maret 2018.

Pengabdi Setan versi 1980 restorasi akan dirilis di 10 bioskop jaringan CGV pada Kamis, 29 Maret 2018. 10 bioskop ini ada di kota Jakarta, Bekasi, Bandung, Cirebon, Tangerang, Depok, Yogyakarta, Karawang, Surabaya, dan Medan. Film hanya akan diputar pada sesi sore pukul 16.00 WIB selama Kamis hingga Minggu.

Menurut Ario, setelah Pengabdi Setan, masih ada sejumlah film Indonesia klasik yang akan dirilis ulang dalam versi restorasi.



 


(DEV)