Garap My Generation, Upi Mengaku Pantau Media Sosial Dua Tahun

Purba Wirastama    •    11 Oktober 2017 12:47 WIB
film indonesia
Garap My Generation, Upi Mengaku Pantau Media Sosial Dua Tahun
Sartri Dania 'Upi' Sulfiati (Foto: Metrotvnews/Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertemuan dan percakapan langsung mungkin adalah salah satu pilihan utama periset dalam menggali pikiran dan pandangan seseorang. Namun bagi Sartri Dania 'Upi' Sulfiati, sutradara dan penulis film My Generation, cara ini tidak cocok diterapkan untuk meriset remaja milenial masa kini.

"Percuma (bertemu langsung), mereka enggak akan jujur. Media sosial sekarang sudah terbuka. Anak zaman sekarang sudah gila banget kalau omong di media sosial. Jika saya panggil (bertemu), mereka enggak akan jujur," kata Upi dalam konferensi pers film My Generation di kawasan Kebayoran Jakarta, Selasa (10/9/2017).

"Kalau mau tahu (apa yg mereka ungkapkan di media sosial), ketik saja hashtag #ibu, #mymom, #mydad. Beuhh...," imbuhnya.

Riset ungkapan hati remaja ini secara khusus dilakukan Upi untuk film My Generation. Kisah film berpusat pada empat sahabat SMA milenial yang masing-masing memiliki konflik dan gugatan berbeda terhadap lingkungan keluarga serta sekolah. Video protes buatan mereka menjadi viral di sekolah. Buntutnya adalah hukuman tak boleh pergi berlibur.

Menurut Upi, riset media sosial dilakukan sekitar dua tahun di hampir semua platform terkait, termasuk kolom komentar YouTube. Banyak jenis curahan hati yang dia temui. Namun yang paling menjadi sorotan adalah komentar mereka tentang orangtua, guru, dan pendidikan.

"Saya baca komentar-komentar mereka. Dan mereka sering banget bicara tentang orang tua, pendidikan, guru, segala macam. Dan itu lucu banget kalau kita baca. Kalau nanti nonton filmnya, saya tidak mengarang seada-adanya saya, tapi apa yang saya dapat dari riset," ujar Upi.

"Di sini (film) ada dialog bahasa Inggris dan Indonesia, karena memang realitanya anak sekarang ngomong sudah campur-campur (bahasa). Caption (keterangan foto) di media sosial mereka juga rata-rata bahasa Inggris," imbuhnya.

FIlm ini diproduksi oleh IFI Sinema dengan produser Adi Sumarjono, Sendi Sugiharto, dan Ie Keng Siang. Empat tokoh utama diperankan oleh aktor pendatang baru Lutesha, Briyan Langelo Warouw, Alexandra Kosasie, serta Arya Vasco. Aktor lain yang terlibat adalah Aida Nurmala, Indah Kalalo, Ira Wibowo, Joko Anwar, Karina Suwandi, Surya Saputra, dan Tyo Pakusodewo.

My Generation dijadwalkan tayang di bioskop mulai Kamis 9 November 2017.


 


(ELG)