Butuh Konten Film yang Menarik untuk Dongkrak Jumlah Penonton

Agustinus Shindu Alpito    •    15 Maret 2017 12:10 WIB
film indonesia
Butuh Konten Film yang Menarik untuk Dongkrak Jumlah Penonton
Fauzan Zidni (Foto: dok. Aprofi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah penonton film Indonesia melonjak drastis dalam dua tahun terakhir. Bahkan, rekor penonton terbanyak sepanjang sejarah film Indonesia tercetak di tahun 2016 lewat film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! part  1 dengan perolehan 6,8 juta penonton.

Ketua Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), Fauzan Zidni, juga mengakui ekosistem film di Indonesia semakin baik dari tahun ke tahun.

“Ini saat yang paling menarik buat kita produser dan filmmaker. Tahun kemarin,  puncak untuk film Indonesia dan beberapa agenda yang kita perjuangkan, dan investasi asing boleh masuk. Kemarin ada info yang masuk kalau XXI mendapatkan investasi setengah triliun dari Singapura untuk expand. Kalau outletnya makin banyak, kita juga akan semakin banyak layar, dan kapasitas untuk menyerap lebih banyak penonton,” kata Fauzan saat ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan yang sama, Fauzan juga memberikan catatan bahwa idealnya Indonesia butuh sekitar lima ribu layar bioskop. Namun pada saat ini, kita hanya memiliki sekitar 1.100 layar.

APROFI berharap ke depan terdapat pertumbuhan penonton film Indonesia, juga keberagaman konten yang semakin menarik.

"Saat ini total penonton film di Indonesia,  100 jutaan. 33 persennya itu penonton film Indonesia. Jadi, jumlah penonton film Indonesia itu 33 juta. Kalau misalnya kita bisa grow 30-70 persen itu sangat baik sekali. Tapi tantangan juga dari kami para produser, bagaimana membuat konten yang lebih menarik, bagaimana mempromosikan film sehingga orang mau datang nontonn film kita, itu dua hal yang menantang buat kami. Saya enggak bisa berharap dari penonton mau menonton, tapi kami produser juga harus bikin konten yang lebih menarik dan kita harus mempromosikan film dengan baik,” tutup Fauzan.

Meski baru masuk bulan ketiga, pada tahun ini film Indonesia sudah memiliki catatan penonton yang baik. Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 meraih penonton terbanyak sejauh tahun ini, dengan angka 1,6 juta penonton.


 


(ELG)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

5 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA