Kedubes Akan Bawa Film Thailand ke Indonesia Tiap Tahun

Purba Wirastama    •    23 Agustus 2017 22:21 WIB
film thailand
Kedubes Akan Bawa Film Thailand ke Indonesia Tiap Tahun
Duta Besar Thailand untuk Indonesia Pitchayaphant Charnbhumidol bersama aktor dan sutradara Bad Genius (dok Kedubes Thailand)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun ini Kedutaan Besar Thailand untuk Indonesia membawa film Bad Genius produksi GDH 559 ke Indonesia untuk ditayangkan di bioskop. Menurut Duta Besar Thailand Pitchayaphant Charnbhumidol, program ini diprakarsai oleh kedutaan sejak 2012 dan telah rutin dilakukan setiap tahun.

"Banyak orang Indonesia semakin tertarik menonton film Thailand, sehingga tiap tahun kami membawa film-film besar, yang juga terkenal di Thailand, ke Indonesia. Film ini juga terkenal di sini. Misal I Fine Thank You-Love You," kata Pitchayaphant saat ditemui di Grand Indonesia Jakarta, belum lama ini.

"Kami sudah bawa lebih dari enam film dan ini akan berlanjut, bertambah banyak," imbuhnya.

Bad Genius dipilih terutama karena konten cerita dianggap relevan untuk penonton Indonesia. Terlebih film ini juga menuai sukses komersial dan mendapat sambutan hangat di negara asal. Lagipula secara umum, Pitchayaphant menyebut bahwa kultur masyarakat kedua negara tidak jauh beda.

"Aku rasa orang Indonesia dapat menemukan diri mereka, sebagai masyarakat, dengan orang Thailand, lewat kesamaan kultur, lagu, tarian, dan fashion. Jadi ada yang bisa dipromosikan bersama antara Thailand dan Indonesia," ujar Pitchayaphant.

Bad Genius bercerita tentang Lynn (Chutimon'Aokbab' Chuengcharoensukying), pelajar SMA jenius yang mendapatkan uang dengan cara memberi contekan ujian sekolah. Suatu ketika, dia mendapat permintaan rumit, yang menuntun dia ke Australia untuk mengerjakan ujian STIC dan mengirimkan jawaban ke Thailand sebelum ujian serupa berlangsung di sana.

Selain soal menyontek, film ini sebenarnya juga menunjukkan ragam masalah di masyarakat, terutama yang berkaitan dengan lika-liku kehidupan remaja sebagai pelajar. Pitchayaphant menilai bahwa film ini menunjukkan masalah yang dihadapi dunia lewat pelajar dan layak ditonton baik oleh orang tua maupun remaja.

"Jika kau orang tua, kalian harus nonton film ini untuk memahami bagaimana anak muda berpikir tentang gaya hidup mereka. Jika kamu pelajar, kamu harus menonton film ini untuk melihat dunia luar, bagaimana ujian di negara lain. Sehingga mereka dapat belajar lewat film ini dan menyesuaikan diri dengan dunia," tukas Pitchayaphant.

Film ini dirilis perdana di Thailand pada awal Mei 2017. Penyutradaraan digarap oleh Nattawut 'Baz' Poonpiriya, yang juga menulis naskah bersama Tanida Hantaweewatana dan Vasudhorn Piyaromna. Selain Aokbab, sejumlah aktor terlibat antara lain Eisaya Hosuwan (Siam Square), Teeradon Supapunpinyo, serta Chanon Santinatornkul (Love's Coming).

Bad Genius telah ditayangkan di bioskop Indonesia sejak Rabu 23 Agustus 2017.



 
(ELG)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

4 days Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA