Hari Film Nasional 2018

Dennis Adhiswara: Industri Film Butuh Lebih Banyak Orang Bisa Bercerita

Cecylia Rura    •    30 Maret 2018 12:00 WIB
film indonesiahari film nasional 2018
Dennis Adhiswara: Industri Film Butuh Lebih Banyak Orang Bisa Bercerita
Dennis Adhiswara (Foto: Medocom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Industri film semakin menjanjikan. Pertumbuhan dalam industri kreatif ini sayangnya belum diimbangi ketersediaan pekerja profesional yang ideal. Hal itu juga dikeluhkan aktor dan penggiat sinema, Dennis Adhiswara.

"Kita butuh lebih banyak lagi orang yang bisa bercerita, terutama lewat film, karena bercerita itu adalah kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh seorang pembuat film. Apapun pekerjaannya," kata Dennis kepada Medcom.id beberapa waktu lalu.

"(Selain itu) butuh lebih banyak produser karena seorang produser itu sebenarnya seperti seorang project manager. Dia harus bisa mengendalikan sisi teknis, sisi bisnis, maupun sisi art juga dan kita butuh lebih banyak lagi," imbuhnya.

Dennis bukan satu-satunya sineas yang mengeluhkan hal itu. Sutradara sekaligus penulis naskah Salman Aristo juga mengemukakan pendapat yang sama.

"Luar biasa sekali kenaikannya (akan kebutuhan sineas berkualitas), karena itu, menimbulkan triple effect yang lain bahwa kebutuhan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) tinggi sekali. Di sisi lain juga kualitas pekerja yang high profile juga tinggi sekali, jadi problem-nya bertumpuk," kata penulis naskah yang baru saja mengerjakan proyek film Do(s)a kepada Medcom.id di Jakarta, belum lama ini.

Dari sisi pemerintah, Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf) tengah membuka wadah baru bagi para sineas untuk berkolaborasi dengan para investor. Namun, belum ada suatu gerakan untuk memberikan ruang bagi calon pekerja industri film untuk berkembang dan mengembangkan potensi serta bakat yang ada. Salah satu sebabnya, masih sangat minim sekolah film di Indonesia. Sementara itu dari Pusbangfilm sendiri perlahan mulai mencanangkan beberapa kurikulum perfilman di sekolah kejuruan guna membantu ekosistem industri perfilman yang sedang berkembang.

 


(ASA)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

3 days Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA