Iklan Politik Pilpres 2019 Mulai Susupi Subtitle Serial TV Bajakan

Purba Wirastama    •    23 April 2018 18:51 WIB
pembajakan
Iklan Politik Pilpres 2019 Mulai Susupi Subtitle Serial TV Bajakan
Ilustrasi (Foto: Unsplash.com)

Jakarta: Atmosfer pertarungan antar kubu politik untuk Pemilihan Presiden 2019 rupanya sampai juga ke kalangan penikmat film di "bawah tanah" jagat maya. Dalam salah satu situs web penyedia subtitle atau sulih teks untuk film dan serial digital bajakan, ada sejumlah sulih teks yang berisi iklan politik. 

Kabar ini diungkap pertama di media sosial oleh akun Twitter @WatchmenID. Dalam kicauannya hari ini, Senin, 23 April 2018, komunitas penikmat film dan serial tv ini membagikan tiga foto iklan politik yang dimaksud. Tertulis tagar #2019GantiPresidenBaru dalam sulih teks salah satu serial, yang diunggah oleh pengguna bernama alias "princeSquall". 





Berkas sulih teks ini diunggah princeSquall di situs subscene.com, salah satu forum sulih teks terbesar di dunia untuk berbagai film dan serial bajakan. Menurut penelusuran Medcom.id, pengguna ini telah aktif sejak sebulan terakhir dan mengunggah banyak sulih teks untuk sejumlah serial. Nyaris seluruhnya berisi tagar iklan politik. 

Penyisipan iklan politik ini mendapat perhatian dari anggota forum subscene lain. Pengguna bernama alias Luminox misalnya, membagikan berkas sulih teks dengan keterangan bahwa tidak ada iklan politik atau kampanye di situ. 

Kicauan @WatchmenID dibagikan ulang ratusan pengguna Twitter lain. Beberapa orang merespons kabar tersebut. Salah satunya membagikan jenis iklan lain yang ada di sulih teks, misalnya iklan jual rumah. 

 




(ASA)