Setelah Gundala, Karakter Komik Lokal Lain akan Diangkat ke Layar Lebar

Purba Wirastama    •    24 April 2018 18:11 WIB
film indonesia
Setelah Gundala, Karakter Komik Lokal Lain akan Diangkat ke Layar Lebar
Oyasujiwo, editor senior komik BumiLangit (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Jakarta: Gundala Putra Petir menjadi karakter komik pertama dari BumiLangit yang akan punya film solo. Proyek filmnya, yang kini sedang digarap Screenplay Films bersama sutradara Joko Anwar, direncanakan sebagai pengantar untuk film karakter-karakter lainnya.

"Sebenarnya Gundala akan jadi lokomotif untuk film lainnya," kata Oyasujiwo, editor senior BumiLangit, kepada Medcom.id usai deklarasi Asosiasi Komik Indonesia (AKSI) di kawasan SCBD Jakarta, Selasa, 24 April 2018.

BumiLangit termasuk satu dari 10 perusahaan komik Indonesia yang bergabung membentuk asosiasi baru tersebut.

"Namun kami masih belum bisa kasih tahu karakter apa karena memang masih disusun. Intinya, Gundala akan mengantar karakter-karakter lain," lanjut Oya.

BumiLangit adalah studio komik bentukan 2003 yang awalnya fokus dalam upaya restorasi komik-komik lama. Dalam perjalanan, mereka memperluas fokus dengan membuat ulang komik-komik versi terkini dalam tajuk BumiLangit Revolusi.

Sejumlah komikus senior bergabung dengan studio ini, yang mengelola properti intelektual mereka meliputi beragam karakter komik rekaan. Karya yang dinaungi antara lain berasal dari kreator Hasmi, Wied NS, Jan Mintaraga, Nono GM, Mansyur Daman, dan RA Kosasih.

Menurut Oya, total karakter komik yang kini dikelola BumiLangit mencapai lebih dari 1.000 karakter. Tokoh-tokoh ini, baik antagonis, pendukung, atau tokoh ekstra,

berasal dari komik-komik seperti Gundala, Si Buta dari Gua Hantu, Godam, Mandala, Sri Asih, Virgo, dan Tira. 

Setiap karakter utama sebenarnya punya jagat fiksi masing-masing. Namun dalam BumiLangit Revolusi, kata Oya, jagat setiap karakter dijadikan satu.

Film Gundala yang kini digarap Joko bukanlah adaptasi pertama karakter Gundala. Sebelumnya, Cancer Mas Film dan sutradara Lilik Sudjio pernah membuat film layar lebar berjudul Gundala Putra Petir yang dirilis pada 1981.

Gundala adalah alter-ego Sancoko, insinyur yang diam-diam melakukan eksperimen dengan menyuntikkan cairan anti petir. Hasilnya, tubuh Sancoko kebal arus listrik dan punya kekuatan super.

 




(ASA)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

3 days Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA