Tyo Pakusadewo akan Bermain dalam Film Sejarah Tiongkok

Purba Wirastama    •    15 November 2018 17:09 WIB
tio pakusadewo
Tyo Pakusadewo akan Bermain dalam Film Sejarah Tiongkok
Tio Pakusadewo dan Donny Damara (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Tyo Pakusadewo akan bermain dalam sebuah film cerita panjang produksi Tiongkok bersama Donny Damara. Tyo tidak menjelaskan lebih lanjut informasi soal proyek ini, tetapi menyebut bahwa mereka akan berangkat untuk proses syuting di Hainan pada 24 Desember 2018

"Kami mau main film sama-sama, bukan di sini, tetapi di Cina," kata Tyo dalam konferensi pers proyek pentas teater barunya "Untuk Ibu" di kawasan Senopati Jakarta, Kamis, 15 November 2018.

Bagi Tyo dan Donny, proyek ini akan menjadi keempat kalinya mereka bermain peran dalam film yang sama. Sejak aktif sebagai aktor film pada akhir 1980-an, kedua pria kelahiran 1966-1967 ini pernah satu film, yaitu Cinta Anak Jaman (1988), Iseng (2016), dan Buffalo Boys (2018).

"Produksi lokalnya di Hainan, mengenai hari kemerdekaan, di mana (Presiden) Sukarno terlibat," ujar Tyo, yang akan berperan sebagai tokoh Soekarno.

Ini bukan pertama kali Tyo memerankan Soekarno. Dia pernah bermain sebagai tokoh bangsa ini dalam film Pantja-Sila: Cita-cita & Realita (2016) yang juga dia tulis dan arahkan. Selain jtu, Tyo mengaku kerap diundang oleh pejabat publik, misalnya di Depdikbud, untuk mengisi acara ulang tahun dengan tampil sebagai tokoh Soekarno di panggung.

Tyo dan Donny adalah rekan aktor film satu angkatan yang aktif sejak 1986, hiatus dari layar lebar pada era 1990, dan kembali aktif pada pertengahan 2000-an. Menurut Tyo, dia dan Donny menjadi pemain "cadangan" satu sama lain. Maksudnya, jika Donny tidak bisa memenuhi tawaran akting untuk film tertentu, produser akan melempar penawaran ke Tyo

"Kalau saya enggak bisa, lempar ke Donny. Mungkin ya karena tinggal kami berdua yang ada di area itu," tukas Tyo.

Setelah keluar dari tahanan pada September 2018 terkait kasus narkoba, Tyo kembali berkarya dengan membuat pentas teater modern bertajuk Untuk Ibu: Kasih Anak Sepanjang Jalan, Kasih Ibu Sepanjang Masa. Donny bergabung sebagai salah satu penampil. Pertunjukan akan digelar dalam dua sesi di Teater Salihara Jakarta pada Sabtu, 15 Agustus 2018.

 


(ELG)