FFI 2017 Upayakan Semua Kategori Pemenang Ditayangkan di TV

Purba Wirastama    •    12 Oktober 2017 19:55 WIB
ffi (festival film indonesia)
FFI 2017 Upayakan Semua Kategori Pemenang Ditayangkan di TV
FFI 2017 (Foto: festivalfilm.id)

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Festival Film Indonesia 2017 belum dapat memastikan apakah acara pembacaan pemenang tiap kategori dapat disiarkan di layar televisi secara utuh. Total ada 22 kategori nominasi beserta penghargaan khusus Lifetime Achievement dan In Memoriam.

Dari 22 kategori, 18 di antaranya khusus untuk film cerita panjang yang meliputi beragam unsur, termasuk yang paling baru kategori Penata Rias Terbaik. Empat lain adalah Film Cerita Pendek, Film Animasi Pendek, Film Dokumenter Pendek, serta Film Dokumenter Pendek.

"Kami akan usahakan semua (kategori) ditayangkan. Kalau kemarin (FFI sebelumnya), yang dikalahkan (tidak tayang) film pendek dan dokumenter. Kami mau tiga jam, tapi rata-rata (kanal tv) enggak bisa kalau blocking time tiga jam. Maksimal dua jam," kata Ketua FFI 2017 Leni Lolang dalam kunjungan ke kantor Media Indonesia, Kebon Jeruk Jakarta.

"Kalau pidato depan dipotong, marah juga pemerintah. Kok pidato presiden, menteri, dipotong," lanjut Leni.

Menurut laporan Cinemapoetica, beberapa gelaran malam penghargaan FFI pernah tidak menayangkan pembacaan pemenang untuk kategori film-film non-bioskop, seperti film pendek dan dokumenter. Dalam FFI 2016, seperti dilaporkan Republika, diskriminasi ini dihapus dan semua kategori dipastikan tayang.

Menurut Ketua Bidang Humas FFI 2017 Agung Sentausa, ada banyak faktor pertimbangan terkait konten acara mana saja yang ditayangkan. Salah satunya dana produksi acara.

"Variabel penentunya banyak. Variabel pertama angka (dana), dalam arti durasi, teknis. Kami sih ingin semua (bisa tayang)," kata Agung.

"Orang film pasti mau itu, mau rata," imbuh Leni.

FFI 2017 kini sedang memasuki tahap penjurian akhir oleh 75 juri dengan sistem voting. Proses penjurian berlangsung selama dua pekan sejak tanggal 10 hingga 24 Oktober 2017 mendatang.

Malam anugerah akan diadakan di kota Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu 11 November 2017. Ini adalah kali pertama FFI digelar di kota ini selama 37 kali pelaksanaan sejak 1955. Rencananya, acara akan disiarkan di kanal TVRI.

 


(ELG)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

4 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA