Sambut Piala Oscar 2018, Turah Berkompetisi di Asian World Film Festival

Purba Wirastama    •    24 Oktober 2017 20:04 WIB
piala oscarfilm indonesia
Sambut Piala Oscar 2018, Turah Berkompetisi di Asian World Film Festival
Ubaidilah dan Slamet Ambari di film Turah (dok FourColours)

Metrotvnews.com, Jakarta: Turah serta 25 film dari Asia akan diputar dalam program kompetisi Asian World Film Festival 2017 di Los Angeles selama sepekan mulai 25 Oktober. Sebanyak 20 film di antaranya, termasuk Turah, merupakan submisi dari sejumlah negara Asia untuk nominasi Piala Oscar 2018 kategori Film Berbahasa Asing.

AWFF digelar setiap tahun di AS sejak 2015 oleh organisasi nirlaba Aitysh USA. Tujuan utama adalah untuk memperkuat ikatan industri film Hollywood dan Asia, sekaligus mengenalkan lebih jauh film-film Asia kepada sejumlah pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan penghargaan Oscar dan Golden Globe.

Karena itu, film yang masuk ke AWFF adalah yang memang dikirim ke dua ajang penghargaan tersebut sebagai perwakilan negara masing-masing dalam kategori film berbahasa asing.

Seperti dilaporkan Indiewire, tahun ini dewan Academy Award atau The Oscars menerima film dari 92 negara untuk bersaing dalam seleksi nominasi kategori tersebut. Ada 21 negara Asia yang termasuk di dalamnya, yang film-filmnya akan diputar di AWFF terlebih dulu.

Turah, Sempat Dianggap Pretensius hingga Dikirim Ikut Seleksi Oscar

20 film terpilih masuk ke program kompetisi AWFF. Satu film dari Turki, Ayla: The Daughter of War, tidak masuk kompetisi tetapi akan menjadi film pembuka.

Selain film submisi Oscar, program kompetisi AWFF juga menyertakan lima film yang dikirim ke ajang penghargaan Golden Globe kategori film berbahasa asing. Kemudian ada satu film dari Sri Lanka, Burning Birds, yang tidak dikirim ke dua ajang itu tetapi ikut berkompetisi di AWFF.

Selain kompetisi, AWFF juga punya program pemutaran khusus, yang menyajikan 10 film Asia serta dua film AS yang kisahnya menyorot sepenggal kultur Asia.

Sementara itu, seleksi nominasi Oscar 2018 untuk film bahasa asing kini sedang dalam proses pemutaran film untuk para anggota Academy pemberi hak suara. Sembilan film yang lolos akan diumumkan pada akhir 2017. Dari situ, seleksi akan dilakukan lagi untuk memilih lima film yang diunggulkan atau dinominasikan.

Submisi Turah ke Oscar diputuskan oleh hasil diskusi 13 anggota komite bentukan Persatuan Perusahaan Film Indonesia, yang dipimpin oleh Christine Hakim. Film produksi Fourcolours ini menjadi film Indonesia ke-19 yang dikirim ke Oscar sejak 1987.



 


(ELG)

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

22 minutes Ago

Danilla merengkuh segala yang bisa dilakukan oleh seorang penyanyi pendatang baru. Mulai dari m…

BERITA LAINNYA