Hari Pancasila, Cinema 21 Tayangkan Film Bertema Nasionalisme Karya Anak SMA

Elang Riki Yanuar    •    01 Juni 2017 07:00 WIB
film
Hari Pancasila, Cinema 21 Tayangkan Film Bertema Nasionalisme Karya Anak SMA
Film Kain (Foto: dok. cinema21)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam rangka memperingati Hari Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, Cinema 21 bekerjasama dengan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) dan Kantor Staf Presiden menayangkan hasil karya pelajar SMA peserta Lomba Video Pendek BNPT 2016. Video berjudul Kain itu adalah karya pelajar SMAN 11 Bandung.

Video berdurasi 1 menit itu bercerita mengenai seorang anak yang menjahit sendiri bendera merah putih dari potongan kain perca yang didapatnya dari sisa tukang jahit karena keinginannya memiliki bendera sendiri.

"Kami ingin anak-anak muda Indonesia mendapat panggung yang tepat untuk menunjukkan hasil karya kreativitasnya yang positif, berkualitas, dan nasionalistik sehingga kita dapat menjadi semakin bangga sebagai bangsa Indonesia," kata Arif Suherman, Direktur Cinema 21 dalam keterangan tertulisnya.

Penayangan video ini disambut baik Kepala BNPT Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H.. Menurut Suhardi, langkah ini merupakan wujud nyata keterlibatan masyarakat dalam upaya kampanye pencegahan terorisme yang selama ini sudah dilakukan.

"Sejak awal lomba video pendek ini diinisiasi oleh BNPT sebagai sarana kampanye pencegahan terorisme. Dengan ditayangkan di Cinema 21 kami harapkan kampanye tersebut dapat menjangkau audiens yang lebih luas," kata Suhardi.

Sebelumnya BNPT menggelar lomba bertema "Kita Boleh Beda". Para peserta diminta menerjemahkan perbedaan yang sudah menjadi bagian hidup Indonesia menjadi suatu cerita yang menarik, dan mudah dipahami dalam durasi singkat.

Para pembuat film ini antara lain, Egi Windira, Gilang Bayu, Bayu Yanuar, Febri Ayusrilzha, Febriandi Dimas, Mega Elsa, dan Sopik Janwar yang semuanya adalah Siswa SMAN 11 Bandung.

"Kegiatan ini mengajarkan kepada kami agar memiliki kepekaan terhadap situasi bangsa, di sini momentum bagaimana kami pelajar SMA mencintai pancasila dan merah putih serta kami sangat menghargai keberagaman yang ada di Indonesia, karena pancasila itu bukan hanya diucapkan atau diteriakan tapi diimplementasikan dalam kehidupan kita sebagai sebuah bangsa yang besar," ucap para pembuat film tersebut.


(ELG)

Adrian Yunan Merajut Asa

Adrian Yunan Merajut Asa

6 days Ago

Sore itu Adrian membagikan kisah lewat lagu yang terangkum dalam album debutnya, Sintas.

BERITA LAINNYA