Tujuh Serial Televisi Berbalut Sci-Fi dan Fantasi

Purba Wirastama    •    15 Januari 2018 09:52 WIB
trivia film
Tujuh Serial Televisi Berbalut Sci-Fi dan Fantasi
One-Punch Man (foto via imdb)

Jakarta: Mungkin Anda suka menonton serial televisi di sela kesibukan, baik di kanal tv siaran, satelit, kabel, maupun internet. Mulai dari drama romantis, thriller, fiksi ilmiah, hingga komedi.

Beberapa judul serial baru yang populer mungkin sudah Anda tonton. Ada Game of Thrones, Walking Dead, Mr. Robot, Stranger Things, 13 Reasons Why, atau Descendants of the Sun.

Kami memberi rekomendasi tujuh serial lain yang menarik untuk disimak, khusus yang kisahnya berbalut aliran fiksi ilmiah dan fantasi. Bisa jadi ini juga sudah Anda tonton.

Berikut daftarnya.

1. Black Mirror

Lebih tepat disebut antologi ketimbang serial karena tiap episode berkutat pada tokoh utama dan konflik berbeda, mirip kumpulan cerpen. Beragam kisah dalam antologi ini terjadi di Inggris futuristik, saat manusia mampu melakukan modifikasi indera dan kesadaran secara biologis-matematis dengan komputer.


Black Mirror episode USS Callister (netflix)

Misalnya, merekam langsung semua hal yang ditangkap mata dan telinga, lalu memutarkan kembali di mata dan telinga masing-masing dengan alat yang ditanam di kepala. Salah satu alat futuristik ini berbuntut ke berbagai kisah personal yang mungkin terjadi.

Antologi buatan Charlie Brooker ini telah punya empat musim sejak 2011. Dua musim pertama diproduksi untuk Channel 4 Inggris. Musim ketiga dan seterusnya telah dibeli Netflix.

2. Westworld

Kisahnya berpusat di sebuah taman hiburan tematik bernama Westworld, yang menawarkan permainan peran 'mirip sungguhan' bersama para robot android yang dibuat menyerupai manusia.


Westworld (HBO)

Bayangkan suatu masyarakat Amerika era 1800-an seperti di film western. Taman Westworld membangun dunia ini seperti asli dengan robot android yang punya siklus berulang setiap hari. Para tamu dapat mengambil peran, ingin jadi tokoh jahat atau baik dan berbuat semaunya karena android tak mampu melawan dan tak punya ingatan.

Serial ini bercerita tentang taman hiburan tersebut, saat beberapa android tiba-tiba punya kesadaran dan ingatan seperti manusia.

Westworld dibuat oleh Jonathan Nolan dan Lisa Joy untuk HBO. Ada satu musim yang telah tayang perdana pada 2016. Musim kedua dijadwalkan rilis pada 2018.


3. The 100

The Hundred adalah drama fiksi ilmiah tentang penduduk America setelah kiamat (post-apocalyptic). Kisahnya dimulai di suatu stasiun luar angkasa besar di orbit Bumi, 97 tahun setelah kiamat. 100 tahanan dikirim ke Bumi untuk mengecek apakah dunia ini sudah dapat dihuni kembali.


The 100 (warner bros)

Musim pertama serial mengikuti perjalanan kelompok 100 orang tersebut dalam upaya bertahan hidup. Kebanyakan adalah anak muda.

Serial ini diadaptasi oleh Jason Rothenberg dari novel The 100 karya Kass Morgan. Hingga kini sudah ada empat musim yang dirilis sejak 2014. Serial tayang perdana di kanal The CW dan ditayangkan ulang di sejumlah kanal lain.


4. Dark

Kisahnya berpusat di kota kecil Jerman bernama Winden, yang menjadi pusat pembangkit listrik berbasis nuklir. Beberapa anak menghilang tanpa jejak secara misterius dan berbuntut pada konflik antar anggota keluarga dan keluarga di kota tersebut.


(Foto: Netflix)

Berawal pada tahun 2019, kisah ini melebar latar tahun 1986 dan 1953 karena perjalanan lintas waktu yang tidak dipahami warga.

Pada bagian awal, serial kelam ini mungkin terasa lambat dalam plot, tak seperti serial bergaya Hollywood kebanyakan. Namun begitu konflik mulai bergulir lebih banyak, kisahnya akan semakin menarik.

Drama thriller sci-fi ini dibuat oleh Baran bo Odar dan Jantje Friese untuk Netflix. Musim pertama tayang perdana pada Desember 2017.


5. Guardian: The Lonely and Great God

Korea Selatan punya banyak serial drama yang akrab disebut dalam istilah dra-kor. Ada sejumlah kisah drama fantasi. Salah satu pencuri perhatian banyak orang adalah Guardian: The Lonely and Great God atau Goblin.


Poster Guardian The Lonely and Great God (foto via imdb)

Alasan utamanya, serial ini menjanjikan kisah cinta yang sangat emosional antara jin (goblin) pria yang dikutuk hidup abadi dengan seorang gadis SMA yang dapat melihat hantu.

Goblin telah hidup selama 900-an tahun dan ingin mati. Dia mencari satu manusia, yang telah ditakdirkan untuk mencabut pedang yang tertancap di dadanya, sehingga dia bisa mati. Namun malang nasibnya, begitu dia bertemu dengan sang perempuan, mereka justru saling jatuh cinta.

Serial ini dibuat oleh Studio Dragon dan tayang pertama kali di kanal tvN Korea Selatan. Naskahnya ditulis oleh Kim Eun-sook, yang juga menulis Descendants of the Sun. Beberapa kanal lain telah membeli hak tayang serial ini.


6. A Korean Odyssey

Masih ingat serial Kera Sakti? Kisah perjalanan guru beserta tiga murid monsternya ini merupakan adaptasi atas novel Tiongkok klasik Journey to the West.

A Korean Odyssey adalah adaptasi terbaru atas novel tersebut. Adaptasi kisahnya sangat bebas karena konteks waktu dan tempat adalah Korea Selatan masa kini. Tak ada lagi misalnya, siluman kera dan babi.


(Foto via imdb)

Kisahnya mengikuti Jin Sun-mi, gadis kecil yang bertemu dua sosok hantu misterius yang saling berseteru. Salah satu hantu ini, yang ternyata adalah dewa buangan bernama Lee Seung-gi, membuat perjanjian dengan Sun-mi.

Sun-mi dan Seung-gi bertemu lagi 25 tahun kemudian. Sejak itu, Seung-gi selalu meindungi Sun-mi.

Drama horor fantasi sekaligus komedi-romantis ini dibuat Studio Dragon, yang juga mengembangkan serial Goblin. Naskahnya ditulis Hong Jung-eun dan Hong Mi-ran. Musim pertama tayang perdana pada Desember 2017 di kanal tvN dan Netflix.


7. One-Punch Man

Ini adalah serial animasi superhero yang diadaptasi dari komik Jepang berjudul sama karya Yusuke 'ONE' Murata. Kebanyakan anime memang fantasi, apalagi superhero. Namun One-Punch Man menyajikan premis cerita yang lebih jauh.

Kebanyakan pahlawan super berlatih keras demi menjadi semakin kuat. Bagaimana jika, dengan latihan beberapa tahun saja, seseorang punya kekuatan yang terlalu besar, hingga monster-monster terkuat hancur dalam sekali pukul?

Hal itulah yang dihadapi Saitama, tokoh utama kita di One-Punch Man. Saitama hidup di Jepang versi antah berantah karena banyak monster dan manusia aneh hidup di Bumi.

Serial ini mengikuti perjalanan Saitama dalam menghadapi rasa bosannya karena tenaga super yang terlampau berlebih. Dia bertemu berbagai jenis monster dan manusia super, serta pahlawan super lain.

One-Punch Man versi anime telah punya satu musim yang tayang perdana pada 2016. Selain ditayangkan ulang di sejumlah kanal tv, serial ini juga dirilis dalam versi DVD dan Blu-ray.

 


(DEV)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

2 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA