Kaum Kulit Hitam Kurang Mampu di Michigan Nobar Gratis Film Black Panther

Purba Wirastama    •    07 Januari 2018 15:05 WIB
film black panther
Kaum Kulit Hitam Kurang Mampu di Michigan Nobar Gratis Film Black Panther
Sebagai film superhero berkulit hitam pertama, Black Panther membawa dampak sosial positif bagi kemajemukan masyarakat AS (Foto: Marvel)

Michigan: Sebagai film superhero berkulit hitam pertama, Black Panther membawa dampak sosial positif bagi kemajemukan masyarakat AS. Salah satunya dukungan amal publik terkait rencana nonton bareng gratis bagi pemuda kulit hitam Michigan yang kurang mampu.

Dilansir dari ComicBookMovie, acara nobar digelar oleh gerakan komunitas Hero Nation di kota Ypsilanti, Michigan. Jermaine Dickerson, sang pendiri Hero Nation berkicau di Twitter dan mengajak publik untuk mendukung acara tersebut.

Tak lama, berhasil terkumpul dana USD7.454 atau Rp100 juta dari target awal Rp40 juta. Dana dikumpulkan lewat situs amal YouCaring.

 
Dalam laman situs YouCaring, Jermaine menuliskan bahwa Black Panther adalah film revolusioner yang patut dinanti. Menurut dia, film ini mampu memberi dampak berkepanjangan bagi para pemuda kulit hitam di seluruh dunia, yang jarang melihat sosok pahlawan super berkulit hitam dengan latar budaya Afrika dalam film.

Hero Nation sendiri merupakan gerakan berbasis komunitas di kota Ypsilanti yang didirikan pada 2016, menyusul terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden ke-45 AS. Jermaine membuat gerakan ini karena khawatir Trump akan melakukan tindakan kasar terhadap warga non kulit putih dan LGBTIQ.

Misi gerakan ini menyediakan ruang ekspresi kreatif bagi kaum marjinal, terutama penggemar buku komik dan superhero. Mereka ingin memberi semangat bagi kaum yang sulit mengidentifikasi diri dengan sosok yang mereka lihat di TV dan film, serta menciptakan ruang aman bagi kelompok yang kerap mendapat diskriminasi.

 


(DEV)