Tantangan Sutradara Fajar Bustomi Mengadaptasi Dilan ke Film

Purba Wirastama    •    17 Januari 2018 10:31 WIB
film dilan
Tantangan Sutradara Fajar Bustomi Mengadaptasi Dilan ke Film
Syuting Dilan (Foto: dok. falconpictures)

Jakarta: Bagi sutradara Fajar Bustomi, mengerjakan film adaptasi Dilan 1990 bagai harapan yang datang sebagai hadiah. Dia mengaku dirinya penggemar novel aslinya dan telah membawa ide adaptasi ke beberapa rumah produksi.

"Saya penggemar novelnya. Sebelum ditawarkan (ke saya), saya sempat bawa novel ke beberapa PH (production house)," kata Fajar usai gala premier di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Selasa 16 Januari 2018.

"Ternyata novelnya sudah dibeli Max (Pictures). Saat saya masuk Falcon (Pictures), saya ditawari, wah senang banget. Enggak omong lama, langsung (terima)," lanjutnya.

Sebagai salah satu pembaca berdedikasi, Fajar mengaku ingin bercerita banyak hal dari novel setebal 332 halaman. Namun untuk film berdurasi dua jam, harus ada kata cukup.

"Kami harus bisa bilang cukup," ucap Fajar.

"Inginnya, apa yang saya baca, keluar semua. Tapi inilah film, tidak seluas novel yang bisa beratus-ratus halaman, dibatasi durasi,"
 
Pidi Baiq, sang penulis novel ikut terlibat sebagai rekan sutradara. Kendati pada saat awal Pidi bersikukuh ingin apa yang ada di novel tidak berubah di film, Fajar menyebut Pidi senang terhadap hasil akhirnya. 
 
"Secara keseluruhan, saat nonton dengan ayah (Pidi) berdua, dia senang banget. 'Saya suka sekali dengan prosesnya'," tukas Fajar.

Fajar adalah sutradara ketiga yang akhirnya terlibat di film Dilan 1990. Sebelumnya, sudah ada sutradara Rizal Mantovani lalu Monty Tiwa sejak proyek film ini bergulir pada 2016.

Tokoh Dilan dan Milea diperankan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Priscillia. Dilan 1990 akan diputar di bioskop mulai Kamis 25 Januari 2018.

 


(DEV)

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

5 days Ago

Meski melaju dengan Regina, Geisha tidak ingin menghapus bayang-bayang Momo. Lantas, ke mana ar…

BERITA LAINNYA