Adaptasi Film Bumi Manusia

Tolak Iqbaal Ramadhan Perankan Minke, Warganet Beri Opsi Aktor Lain

Purba Wirastama    •    27 Mei 2018 17:39 WIB
film bumi manusia
Tolak Iqbaal Ramadhan Perankan Minke, Warganet Beri Opsi Aktor Lain
Iqbaal Ramadhan (tengah) (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Pemilihan Iqbaal Ramadhan sebagai aktor pemeran Minke versi layar lebar memicu perdebatan di media sosial. Banyak yang merasa Iqbaal merusak imajinasi mereka mengenai sosok Minke, barangkali karena riwayat karier Iqbaal di industri musik sebagai personel boyband dan film bertema cinta remaja.

Bahkan ada yang sampai membuat poster parodi untuk proyek film adaptasi Bumi Manusia ini. Karena Iqbaal populer lewat film Dilan 1990 dan terlalu lekat dengan sosok Dilan, figur Minke pun ikut dilekatkan dengan Dilan melalui Iqbaal. Poster parodi ini, seperti terlihat di gambar artikel, dibagikan oleh pengguna akun Instagram @irwanbajang.

Memilih aktor lelaki Indonesia usia 18-21 mungkin saja memang sulit. Namun hal itu tidak menghentikan beberapa warganet untuk memberi usulan alternatif siapa figur pesohor yang dirasa lebih tepat menjadi Minke, pemuda Jawa terpelajar, untuk film Bumi Manusia.

Berikut beberapa usulan warganet di media sosial yang dikumpulkan Medcom.id, Minggu, 27 Mei 2018. Tentu saja, tidak semua usulan ini adalah pertimbangan serius.

1. Reza Rahadian

Jika mencari aktor muda mumpuni dan serba bisa, nama Reza Rahadian dipastikan muncul. Apalagi Reza, yang baru menginjak usia 31 pada awal Maret lalu, adalah aktor favorit Hanung Bramantyo.

Reza juga bukan aktor baru bagi kisah Bumi Manusia. Dalam pentas teater Bunga Penutup Abad pada 2016 lalu, Reza memerankan Minke dalam arahan Wawan Sofwan. Dia berbagi panggung dengan Chelsea Islan (Annelies) dan Happy Salma (Nyai Ontosoroh).

Terakhir kali, kita melihat Reza tampil sebagai pemuda buta di The Gift (2018), pemuda Jawa terpelajar di Kartini (2017), dan jurnalis majalah mistis di Gerbang Neraka (2017). Namun jika Reza kembali terlibat di sini, komentar negatif pun sangat mungkin tidak terhindarkan. Hal ini sudah diungkapkan beberapa warganet.
2. Fedi Nuril

Fedi Nuril menjadi salah satu pilihan tepat untuk memerankan tokoh pemuda Jawa. Fedi juga bukan aktor baru bagi Hanung Bramantyo. Kita telah melihatnya di Ayat-ayat Cinta (2008), Perempuan Berkalung Sorban (2009), Menebus Impian (2010), serta sekuel film Surga Yang Tak Dirindukan 2 (2017).

Bahkan Fedi dikabarkan sempat menjadi salah satu kandidat pemeran Minke ketika proyek film ini sedang akan digarap sutradara Riri Riza pada 2010 lalu. Menurut laporan Kapanlagi, pria kelahiran 1982 ini mengaku telah mendapat panggilan audisi dan berharap dia terpilih.

Obrolan di media sosial soal Minke dan Fedi bahkan sudah muncul jauh sebelum nama Iqbaal diumumkan oleh Falcon Pictures pada Kamis, 24 Mei lalu.

 
3. Adipati Dolken

Adipati Dolken kian populer dalam beberapa tahun terakhir. Setahun belakang, kita melihat penampilannya sebagai berandal di Pertaruhan, anak tunggal bermasalah di Posesif, dosen antropologi penikmat puisi di Hujan Bulan Juni, serta sahabat dan pecinta di #Teman tapi Menikah.

Beberapa warganet lain tidak sepakat dengan pemilihan Adi karena merasa mukanya terlalu "bule" untuk menjadi Minke. Namun kita pernah melihat aktor usia 26 ini memainkan peran Soedirman muda di Jenderal Soedirman (2015) dan santri muda di Sang Kiai (2013).
 
4. Ario Bayu

Ario Bayu adalah salah satu pilihan untuk memerankan pria Jawa. Aktor berusia 33 ini punya riwayat akting film mengesankan, seperti Pintu Terlarang, trilogi Merah Putih, dan Soekarno: Indonesia Merdeka.

Namun ada warganet lain yang merasa sosok Ario terlalu sangar. Ada pula yang merasa Ario cocok seandainya lebih muda.
 
5. Dian Sidik

Dian Sidik, aktor usia 38 yang dikenal lewat serial Joko Tingkir, muncul sebagai salah satu usulan pemeran Minke. Pengguna Twitter di akun @mawakresna bahkan sampai membuat perbandingan wajah Dian dengan Tirto Adhi Soerjo, tokoh pers yang konon menjadi sumber inspirasi Pramoedya Ananta Toer menciptakan tokoh fiksional Minke.

Dian bermain di sejumlah serial dan film televisi. Terakhir muncul di layar lebar, dia bermain di film Seteru (2017). Dalam waktu dekat, dia akan muncul sebagai pendekar Kalingundil di film laga komedi Wiro Sableng.

 

6. Bayu Skak

Bayu Skak, komika muda asal Malang, ikut muncul dalam bursa kandidat pemeran Minke versi media sosial. Pemilik nama asli Bayu Eko Moektito ini dirasa tepat memerankan Minke karena wajah yang sangat "njawani".

Kemampuan aktingnya bisa dilihat lewat sejumlah film layar lebar, seperti Relationshit (2015), Check in Bangkok (2015), Hangout (2016), dan Insya Allah Sah (2017). Terakhir, dia menjadi aktor utama dan menyutradarai film komedi musikal Yowis Ben (2018).

 
7. Dodit Mulyanto

Komika dan aktor asal Blitar ini menjadi salah satu yang diperhitungkan untuk menjadi Minke. Wajah Dodit terasa sudah representatif sebagai pemuda Jawa. Jika Iqbaal harus berusaha keras untuk menumbuhkan kumis demi menyerupai penggambaran Minke, tidak demikian dengan Dodit yang sudah lebih dewasa.

Konon, pemuda usia 32 ini disebut-sebut memiliki "magnet" yang membuat film-filmnya punya sentuhan komedi segar dan performa komersial cukup besar di bioskop. Beberapa filmnya antara lain Komedi Moderen Gokil, Cek Toko Sebelah, Talak 3, Partikelir, Guru Ngaji, Susah Sinyal. Dia juga akan muncul di film anak-anak Kulari ke Pantai.

 


(DEV)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

2 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA