Tiga Film Indonesia Tayang Akhir Pekan Ini

Purba Wirastama    •    03 Agustus 2017 14:27 WIB
film indonesia
Tiga Film Indonesia Tayang Akhir Pekan Ini
Banda The Dark Forgotten Trail, Mars Met Venus Part Cowo, Berangkat! (Foto: ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga film Indonesia terbaru ditayangkan mulai Kamis 3 Agustus 2017. Ada film dokumenter Banda The Dark Forgotten Trail, serta film fiksi Mars Met Venus Part Cowo dan Berangkat!

Ketiga film tersebut masih berbagi layar dengan lima film Indonesia lain, yaitu Filosofi Kopi 2, Mars Met Venus Part Cewe, The Doll 2, Psikopat, dan Ten The Secret Mission.

The Dark Forgotten Trail secara khusus mengupas era kejayaan buah pala di kepulauan Banda pada abad pertengahan, sewaktu rempah tersebut masih dianggap sebagai komoditas yang lebih bernilai daripada emas. Monopoli bangsa Arab dan perseteruan perang salib membawa Eropa ke dalam perburuan menemukan pulau-pulau penghasil rempah.

Kepulauan Banda, yang saat itu menjadi satu-satunya tempat pohon pala tumbuh, menjadi kawasan paling diperebutkan. Belanda bahkan rela melepas Nieuw Amsterdam atau Mannhatan agar bisa mengusir Inggris dari Banda. Pembantain massal dan perbudakan pertama di Indonesia terjadi di Banda. Semangat kebangsaan dan identitas multikultural juga ikut lahir di sini dan menjadi warisan sejarah dunia.

Dokumenter ini merupakan karya debut Jay sebagai sutradara film panjang. Sheila Timothy dan Abduh Aziz menjadi produser dengan bendera Lifelike Pictures. Naskah ditulis oleh Irfan Ramli. Sinematografi ditangani oleh Ipung Rahmat  Syaiful, Oscar Motuloh, Davy Linggar, dan juga Jay.

Sedikitnya ada 12 narasumber yang muncul di dalam film, yaitu Usman Thalib, Pongky Van den Broeke, Wim Manuhutu, Saharan Frangkemon, Lukman A. Ang, Tan Seng Djin, Siti, Kadri Husin, Kiong, Maimuna Usman, Shafira Boften, serta Mita Alwi.



Mars Met Venus Part Cowo adalah kelanjutan dari film Part Cewe yang tayang dua pekan sebelumnya. Kelvin (Ge Pamungkas), mahasiswa arsitek, berencana melamar kekasihnya, Mila (Pamela Bowie), dengan membuat video blog. Namun proses tersebut dipenuhi konflik salah paham karena berbagai hal yang selama ini luput dari perhatian. Mereka berdua mendapat dukungan dan nasehat dari para sahabat masing-masing.

Bagian Cowo menjawab berbagai kebingungan perempuan dari perspektif Kelvin serta empat sahabatnya, Reza, Bobi, Martin dan Steve (Cameo Project). Perspektif para perempuan, yaitu Mila dan kedua sahabat, Icha (Ria Ricis) dan Malia (Rani Ramadhany), disajikan di bagian pertama. Mereka memiliki banyak pertanyaan dan kebingungan mengenai sikap para lelaki.

Film dua bagian ini diproduksi oleh MNC Pictures. Penyutradaraan ditangani oleh Hadrah Daeng Ratu. Lukman Sardi menjadi produser kreatif. Naskah ditulis oleh Nataya Subagya, yang sebelumnya juga menulis beberapa skenario bertema hubungan asmara, seperti Aku Atau Dia (2010), 7/24 (2014), dan 3 Dara (2015).



Berangkat! adalah drama komedi yang menceritakan perjalanan wisata Jano (Tarra Budiman), Joana (Ayushita Nugraha), dan Dika (Ringgo Agus Rahman) dari Jakarta ke Banyuwangi dan Bali. Sementara Joana dan Dika ingin jalan-jalan, Jano punya misi pribadi untuk menemui perempuan idaman dia, Kayla (Annisa Pagih).

Berbekal uang seadanya, mereka menyewa mobil combi tua milik Gimbal (Tanta Ginting), yang juga ikut serta dalam perjalanan. Berbagai masalah terjadi mewarnai perjalanan.

Penyutradaraan ditangani oleh Naya Anindita (Sundul Gan: The Story of Kaskus). Naskah ditulis oleh Isman. Amrit Punjabi, Raam Punjabi, dan Ken Manwani duduk di jajaran produser di bawah naungan MVP Pictures. Beberapa pemeran lain yang terlibat adalah Saykoji, Reza Nangin, dan Martin Anugrah.



 


(ELG)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

2 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA