Personel The Changcuters Akan Tampil di Film Biografi Soleh Solihun

Purba Wirastama    •    24 September 2017 11:45 WIB
film indonesia
Personel The Changcuters Akan Tampil di Film Biografi Soleh Solihun
Soleh Solihun bersama Tria dan Qibil The Changcuters (Foto: IST)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga personel The Changcuters, Tria, Dipa, dan Qibil, ikut bermain di film autobiografi Soleh Solihun yang berjudul Mau Jadi Apa?. Mereka berperan sebagai diri mereka sendiri ketika masih berkuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjajaran Bandung, sebelum grup musik terbentuk.

"Ini The Changcuters jaman awal kami baru membentuk band," kata Tria dalam tayangan di balik layar film Mau Jadi Apa?  di kanal YouTube StarvisionPlus.

"Karena saya, Qibil, Dipa, itu satu kampus di Fikom (Unpad). Dari situlah sebetulnya dimulai pertemanan kita. Bibit-bibit The Changcuters itu memang dimulai dari Fikom," lanjut Tria.

The Changcuters hingga kini terdiri atas lima personel. Seperti dilaporkan The Jakarta Post, grup ini didirikan pada tahun 2005 oleh Tria (Ramadhani), Qibil (Muhammad Iqbal), dan Dipa (Nandastra Hasibuan). Dua teman SMA Qibil, Arlanda 'Alda' Ghazali dan Erick Nindyoastomo, bergabung di kemudian hari.

Sebagai grup musik, kelima personel The Changcuters sudah bermain di sedikitnya empat film. Ada trilogi The Tarix Jabrix  (2008-2011) serta Slank Nggak Ada Matinya  (2013), yang semuanya diproduksi oleh Starvision.

Film autobiografi Mau Jadi Apa?  merupakan dramatisasi atas kisah perjalanan Soleh selama menempuh studi di Fikon Unpad pada 1997-2004. Fokus cerita adalah pengalaman dia dan sejumlah kawan dalam membuat majalah hiburan pertama di kampus tersebut. Tema besarnya pencarian jatidiri sekelompok anak muda yang bingung soal masa depan.

Awalnya, cerita Soleh hendak diterbitkan sebagai buku, tetapi produser dari grup Mizan tertarik untuk mengadaptasi ke film. Buku dan film pun digarap dalam waktu bersamaan. Skenario film ditulis oleh Soleh bersama Agasyah Karim dan Khalid Kasogi. Soleh juga menjadi sutradara bersama dengan Monty Tiwa.

Tokoh Soleh akan diperankan sendiri oleh Soleh. Aktor pendukung yang terlibat antara lain Boris Bokir, Karina Suwandi, Aurellie Mouremans, Anggika Bolsterli, Adjis Doaibu (Abdul Aziz), Andi 'Awwe' Wijaya, dan Ricky Wattimena. Chand Parwez Servia (Starvision) dan Putut Widjanarko (Mizan) bertindak sebagai produser eksekutif.

Film Mau Jadi Apa?  dijadwalkan rilis pada penghujung tahun 2017.


(DEV)