Studio Sebut Sekuel Avatar Akan Jadi Proyek Film Termahal

Purba Wirastama    •    01 Oktober 2017 12:27 WIB
film asing
Studio Sebut Sekuel Avatar Akan Jadi Proyek Film Termahal
(Foto: Movieweb)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Avatar  garapan James Cameron berada di jajaran proyek film termahal abad ke-21 dengan dana produksi USD 237 juta atau sekitar Rp 3,2 triliun. Namun, ini belum seberapa. Anggaran gabungan empat proyek sekuel Avatar, yang telah disetujui oleh 20th Century Fox, dikabarkan mencapai angka lebih dari USD 1 miliar atau Rp 13,4 triliun.

Setidaknya ini yang dikatakan oleh petinggi grup media pemilik 20CF, 21ct Century Fox, Lachlan Murdoch. Seperti dilaporkan Variety, Lachlan mengisi sesi presentasi Dealmakers Variety pada Kamis 28 September lalu di New York. Lachlan bercerita banyak hal, termasuk pendekatan baru distribusi film bioskop dan proyek film Avatar.

"Empat proyek ini akan jadi film-film termahal sepanjang masa," kata Lachlan.

Avatar  (2009), menurut informasi resmi, dibuat dengan dana USD 237 juta, yang ditanggung oleh 20CF dan Ingenious Media. Proyek ini berada di jajaran film termahal AS bersama belasan film dari grup media Walt Disney, Comcast, Time Warner, Sony, dan Viacom.

Pendapatan kotor Avatar dari rilis bioskop pun juga termasuk tertinggi. Menurut Box Office Mojo film ini meraup pendapatan global lebih dari USD 2,7 miliar atau sekitar Rp 36,3 triliun.

Setelah menyusun pemetaan cerita sekuel selama hampir 10 tahun, tidak tanggung-tanggung, James telah siap membuat empat film sekuel. Sekuel pertama, atau Avatar 2, barus saja mulai tahap produksi untuk dirilis pada akhir 2020. Tiga sekuel berikutnya dijadwalkan rilis berturut-turut pada 17 Desember 2021, 20 Desember 2024, dan 19 Desember 2025.

James juga pernah menyatakan bahwa dia tengah mengusahakan sekuel Avatar  dapat ditonton di bioskop dengan teknologi proyeksi baru. Seperti dilaporkan Screen Rant, ada kemungkinan sekuel tersebut diputar dengan proyektor 3D baru dan ditonton tanpa kacamata khusus. Rumah produksi James, Lighstorm Entertainment, telah melanjutkan kerjasama dengan Christie Digital dalam pengembangan sistem tersebut.

Dengan ragam rencana tersebut dan kesuksesan Avatar pertama secara komersial, tentu wajar jika Fox lebih serius lagi dalam mengerjakan kisah Avatar.

"Ini adalah hak kekayaan intelektual yang sangat luar biasa bagi kami," tukas Lachlan.

 


(DEV)