Harvey Weinstein Keluar dari Asosiasi Sutradara Amerika

Purba Wirastama    •    28 November 2017 21:08 WIB
harvey weinstein
Harvey Weinstein Keluar dari Asosiasi Sutradara Amerika
Harvey Weinstein (Foto: gettyimages)

Jakarta: Harvey Weinsten, produser dan sutradara pendiri The Weinstein Company, tak lagi menjadi anggota asosiasi pembuat film AS. Dia telah mundur dari Directors Guild of America dan sebelumnya juga dipecat dari dari Producers Guild of America.

"Harvey Weinstein mundur dari keanggotaan dia di DGA, efektif mulai hari ini," kata juru bicara asosiasi dalam pernyataan resmi pada Senin 27 November 2017 waktu Los Angeles, dikutip dari The Hollywood Reporter.

Menurut laporan THR, pada Oktober lalu, DGA menggelar rapat untuk membahas kasus tindak pelecehan dan kekerasan seksual yang dituduhkan terhadap Harvey. DGA memberi dia sanksi disipliner.

Pada akhir Oktober, dia keluar dari PGA sebelum forum sempat memutuskan dia dikeluarkan. Anggota forum hendak melakukan pemungutan suara terkait status keanggotaan Harvey. Namun menurut aturan forum, sanksi tersebut tak boleh diberikan sebelum ada sanksi disiplin.

Empat tahun sebelumnya, Harvey justru mendapat sorotan penting di PGA. Dalam ajang PGA Award 2013, dia dan Bob Weinstein saudaranya diberi Milestone Award, penghargaan tertinggi dari asosiasi bagi individu yang telah memberi kontribusi bersejarah dalam industri hiburan.

Selain DGA dan PGA, Harvey juga telah dikeluarkan dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences, diskors oleh British Academy of Film and Television, dan dipecat dari rumah produksi yang dia dirikan, The Weinstein Company.

Harvey menjadi sorotan besar di Hollywood setelah New York Times dan The New Yorker menerbitkan laporan dugaan tindak pelecehan seksual yang dia lakukan bertahun-tahun. Lebih dari 70 perempuan, termasuk aktor dan selebrita, telah membuat pengakuan publik.

 


(ELG)