Tak Ada Bioskop di Aceh, Film Laut akan Buka Layar Khusus

Purba Wirastama    •    09 November 2017 12:39 WIB
film indonesia
Tak Ada Bioskop di Aceh, Film Laut akan Buka Layar Khusus
Willawati (dua dari kiri) bersama produser, sutradara, dan pemain film Laut (Metrotvnews.com/ Purba Wirastama)

Metrotvnews.com, Jakarta: Laut, film kolaborasi Jepang-Indonesia garapan sutradara Koji Fukada, melakukan seluruh proses syuting di kota Banda Aceh dan Sabang. Sayangnya, jaringan bioskop reguler belum ada di kawasan ini.

Willawati, salah satu produser Laut untuk Kaninga Pictures, menyatakan akan mengadakan program khusus untuk menayangkan film tersebut pada pertengahan 2018.

"Rencana kami, akan ada premier film ini di Aceh supaya teman-teman di Aceh punya akses untuk menonton film," kata Willa dalam jumpa pers di CGV Grand Indonesia Jakarta.

Menurut Willa, Kaninga pernah mengadakan program pemutaran serupa di Aceh pada 2016 dengan nama Kaninga Sinema. Salah satunya, mereka memutar Bangkit garapan sutradara Rako Prijanto di Gedung Sultan Selim Banda Aceh selama dua pekan.

"Kami sewa tempat, kami bawakan peralatan dari Jakarta. Di sana ada layar, sound system, dan sebagainya yang menurut kami layak," ucap Willa.

"Penayangan film di Aceh sebenarnya tidak seperti yang ditakutkan banyak orang. (Acara) bisa dilakukan, hanya memang (dibatasi) aturan, misal lelaki dan perempuan harus dipisah, lalu jam tayang tak boleh bertabrakan dengan jam sholat," lanjutnya.

Selain Kaninga Cinema, Aceh juga memiliki agenda tahunan Aceh Film Festival yang digelar sejak 2015. Festival ini diawali oleh Aceh Documentary bersama sejumlah komunitas seni dan film di Aceh

Laut, atau The Man from the Sea, adalah proyek kolaborasi Jepang dan Indonesia melalui rumah produksi Nikkatsu dan Kaninga. Koji Fukada, peraih Jury Prize bidang Un Certain Regard  di Festival Film Cannes 2016 untuk film Harmonium, menjadi penulis dan sutradara.

Aktor yang bermain adalah Dean Fujioka, Mayu Tsuruta, Taiga, Junko Abe, Adipati Dolken, serta Sekar Sari. Laut  direncanakan rilis di bioskop domestik pada pertengahan 2018.


 


(DEV)

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

22 minutes Ago

Danilla merengkuh segala yang bisa dilakukan oleh seorang penyanyi pendatang baru. Mulai dari m…

BERITA LAINNYA