UPH Film Screening di Cinemaxx Diisi Talkshow James Wang

M Studio    •    21 Maret 2017 13:33 WIB
beasiswa osc
UPH Film Screening di Cinemaxx Diisi Talkshow James Wang
Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) School of Design (SoD) UPH menggelar UPH Film Screening di Cinemaxx, Maxxbox Lippo Village, Tangerang, 15-16 Maret 2017 (Foto:Dok.UPH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar UPH Film Screening di Cinemaxx, Maxxbox Lippo Village, Tangerang. Acara yang telah berlangsung pada 15-16 Maret 2017 itu merupakan event tahunan terbesar dari Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) School of Design (SoD) UPH.

Animo penonton cukup tinggi. Tak kurang dari 700 orang memadati lokasi pemutaran film selama dua hari penyelenggaraan. Pada hari kedua, SoD UPH menghadirkan para profesional dan senior animator dalam acara Talkshow yang membahas perkembangan industri film dan animasi. Secara khusus SoD UPH mengundang  James dan Raymond Wang, Senior Animator dan Produser dari Wang Studio asal Taiwan.

James Wang,  senior animator yang terlibat dalam pembuatan beberapa karya animasi terkenal seperti Scooby Doo, Smurf TV Series, Tom and Jerry The Movie, dan lainnya, diundang untuk membagikan pengalaman mengenai perkembangan industri film animasi dalam beberapa dekade. Dalam kurun waktu 20 tahun, James Wang telah membuat kurang lebih 4 ribu animasi,  belasan film panjang, dan beragam cerita yang memiliki warna etnis Tionghoa.

Menurut Dekan SoD UPH, Elya Kurniawan Wibowo, kehadiran Wang Studio mempunyai tujuan khusus untuk pengembangan peminatan sinematografi, DKV UPH, ke depan.

"Kami ingin para mahasiswa mengetahui dan belajar dari Wang Studio mengenai perkembangan animasi dari zaman awal hingga saat ini, dan mengambil pelajaran dari perkembangan tersebut. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya melihat produk-produk yang sudah ada dan modern seperti saat ini, tapi juga melihat sesuatu yang klasik dengan segala keterbatasan teknologi pada zaman itu dan mampu berjuang hingga saat ini seperti yang dilakukan Wang Studio," ucap Elya Kurniawan Wibowo.

Selain Wang Studio, turut hadir juga para profesional industri sinematografi lainnya yaitu  Dana Riza (Director, Animator),  Danial Rifki (Film Director) dan Tio Pakusadewo (Senior Actor). Acara talkshow dipandu oleh Salima Hakim, S.Sn., M.Hum, dosen peminatan Sinematografi UPH, dan diikuti lebih dari 300 peserta terdiri dari mahasiswa, media dan undangan dari berbagai kalangan.


(Foto:Dok.UPH)

Sebanyak 60 film pendek ditayangkan yang terdiri atas 38 karya mahasiswa Animasi, 19 karya mahasiswa sinematografi, serta 3 karya film kolaborasi mahasiswa animasi, sinematografi, dan grafis. Karya yang ditampilkan meliputi karya mahasiswa tahun ke-2, ke-3 hingga beberapa karya Tugas Akhir Konsentrasi Animasi dan Sinematografi.  

Menurut Ketua konsentrasi Sinematografi, DKV UPH, Anton J. Babtista, target event tahun ini yaitu untuk lebih memperkenalkan karya animasi dan film dari para mahasiswa, dengan jumlah audience yang lebih besar, mencakup mahasiswa internal UPH, orang tua dan kalangan industri maupun profesional animasi dan film. Acara ini sekaligus untuk memotivasi mahasiswa menghasilkan karya yang layak ditonton publik.

"Film Screening ini merupakan bagian dari proses akademis, karena semua karya yang ditampilkan bersumber dari tugas yang diberikan. Selain itu juga merupakan sebuah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun yang melibatkan mahasiswa dan dosen. Dengan adanya event ini setiap mahasiswa akan mencoba membuat karya terbaik dalam setiap tugas akademis yang diberikan, karena mereka sadar bahwa karya mereka memiliki peluang untuk ditampilkan di muka publik," kata Anton.

Menurut Anton, beberapa karya animasi yang ditampilkan merupakan karya yang telah dipertandingkan dan berhasil mendapatkan penghargaan. Beberapa prestasi yang pernah diraih mahasiswa Sinematografi UPH, di antaranya lolos seleksi International Film Festival yaitu Balinale International Film Festival dan Los Angeles Indonesia Film Festival.

Penghargaan untuk karya animasi ialah Jakarta in Motion 2016 (1st, 3rd place, dan Best Concept), Jakarta in Motion 2015 (1st place). Pun ada karya kolaborasi antara mahasiswa Animasi, Sinematografi dan Desain Grafis yang mendapatkan 1st place dalam kompetisi KIDI (Konten Informasi Digital) tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia bekerja sama dengan Media Indonesia Group.


Penandatanganan MoU DKV UPH - Cinemaxx

Bersamaan dengan berlangsungnya The 4th  UPH Film Screening pada 16 Maret 2017, dilangsungkan penandatanganan kerja sama antara DKV UPH, peminatan Sinematografi, dengan  Cinemaxx. Penandantanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara SoD UPH dengan Cinemaxx dilakukan oleh Elya Kurniawan Wibowo, S.Sn., M.A., Dekan Fakultas Desain UPH; disaksikan Julia Tan, BFA., Dekan Eksekutif SoD;  dan Alfiansyah Zulkarnain, S.Sn., Ketua Prodi DKV UPH. Sementara, Cinemaxx diwakili oleh Deputy CEO Cinemaxx Anthony Sondakh.


(Foto:Dok.UPH)

Bagi UPH, kehadiran Cinemaxx sebagai mitra sangat membantu dalam menyediakan wadah yang sangat berkualitas untuk penayangan karya mahasiswa. Sementara, pihak Cinemaxx mengapresiasi kreativitas mahasiswa melalui karya-karya film yang berkualitas.

"Cinemaxx sangat mendukung acara ini. Ini merupakan kali kedua Cinemaxx bekerja sama dengan SoD UPH untuk mengadakan Film Screening yang menampilkan begitu banyak kreativitas. SoD UPH menunjukkan telah mendidik bibit-bibit unggul. Untuk itu kami berharap agar SoD UPH terus berkembang dan melalui kerja sama dengan Cinemaxx bersama-sama berupaya untuk menghasilkan bibit baru yang unggul. Semoga kerja sama ini akan semakin meningkatkan kreativitas," kata  Anthony.


(ROS)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

4 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA