Film Indonesia Jadi Pembuka Festival di Amerika

Elang Riki Yanuar    •    10 Maret 2017 07:00 WIB
film indonesia
Film Indonesia Jadi Pembuka Festival di Amerika
Natasha Dematra (Foto: dok. pribadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Bumiku atau Earth karya sutradara perempuan Indonesia, Natasha Dematra kembali menorehkan prestasi di luar negeri. Kali ini, film Bumiku terpilih sebagai salah satu pembuka di Socially Relevant Film Festival yang digelar di New York, Amerika.

Sebanyak 46 film dari 23 negara yang akan diputar di Cinépolis Luxury Cinemas (tempat pemutaran film-film dari Tribeca Film Festival). Hanya tujuh film yang berasal dari Asia yaitu, Indonesia (Earth), Bhutan (Prophecy), Tibet (Hidden Wisdom), Jepang (Wheelchair Dance), Cina (Destiny), dua film dari India (Women Prayed and Preyed Upon, 2 Girls).

Menurut Nora Armani selaku direktur festival, film Bumiku dipilih karena dianggap mencerminkan kualitas festival dengan isu-isu sosial tersebut. Film Bumiku masuk daftar Official Selection dalam festival yang akan berlangsung selama tujuh hari tersebut. Festival ini disponsori oleh Departemen Kebudayaan New York.

"Menjadi film pembuka yang dipilih dalam festival yang berfokus pada isu-isu sosial ini saya merasa terhormat. Film Indonesia menjadi yang pertama yang akan ditonton bersanding dengan film-film dari negara lain. Berkaitan dengan Hari Perempuan dan Hari Musik Nasional saya persembahkan kemenangan film ini kepada seluruh perempuan dan musisi di seluruh Indonesia," kata Natasha Dematra dalam keterangan tertulisnya.  

"Saya harap ke depannya, sutradara di dunia perfilman tidak lagi didominasi oleh pria namun juga oleh perempuan," lanjut gadis yang telah mengambil pendidikan khusus dari Harvard University ini.

Film yang diproduksi World Environment Movement ini membawa pesan tentang bahaya pemanasan global dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh ulah manusia.

Natasha Dematra sendiri saat ini sedang menjadi juri dalam Festival Film Perempuan yang sedang berlangsung di Indonesia. Ia juga dikenal sebagai seorang penyanyi, aktris, sutradara film yang telah memperoleh ratusan penghargaan internasional.


(ELG)