Video Dokumenter Konser Mendadak Efek Rumah Kaca Dirilis

Agustinus Shindu Alpito    •    25 Juni 2018 18:24 WIB
film dokumenter
Video Dokumenter Konser Mendadak Efek Rumah Kaca Dirilis
Poster video dokumenter konser Efek Rumah Kaca (Foto: Sinema Pinggiran)

Jakarta: Kolektif sineas Sinema Pinggiran merilis video dokumenter Tiba-Tiba Suddenly Konser Again Efek Rumah Kaca. Sebuah rekaman konser yang diinisiasi RuruRadio di 4 kota, yaitu Jakarta, Semarang, Malang dan Bandung, pada 2017.

Sesuai judulnya, konser ini memang digelar mendadak. Pengumuman dibuat dua hari sebelum konser, namun mampu menyedot 1.500 penonton.

“Setelah diputar di beberapa Bioskop alternatif di beberapa kota, di antaranya Jakarta, Tanggerang, Serang - Banten, Bogor, Sukabumi, Semarang dan Solo akhirnya kami (Sinema Pinggiran) merilis di kanal Youtube kami, sebagai pemanasan kembali nya Efek Rumah Kaca ntuk melibas konser di bulan Juli hingga September,” tulis Sinema Pinggiran dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, Senin, 25 Juni 2018.

Allan Soebakir selaku sutradara dari Sinema Pinggiran mengakui bahwa pembuatan video dokumenter ini tanpa ada persiapan khusus. Cenderung spontan.

“Sama sekali enggak ada persiapan atau konsep khusus untuk membuat dokumenter ini, semua terjadi secara mendadak. Tapi gue tahu hasilnya akan penting karena ini Efek Rumah Kaca,” kata Allan kepada Medcom.id.

Pada 2017, tahun diadakannya Tiba-Tiba Suddenly Konser Again, Efek Rumah Kaca merayakan satu dekade perilisan album debut mereka, self-titled. Kini Efek Rumah Kaca terdiri dari Cholil Mahmud (vokalis, gitaris), Akbar Bagus Sudibyo (drummer) dan Airil Nur Abadiansyah (bassist). Adrian Yunan, personel yang telah merilis tiga album studio bersama Efek Rumah Kaca telah keluar dan menjalani proyek solo.





 




(ASA)