Warga Zimbabwe Petisikan Disney Terkait "Hakuna Matata"

Cecylia Rura    •    19 Desember 2018 14:31 WIB
walt disney
Warga Zimbabwe Petisikan Disney Terkait
The Lion King (Foto: YouTube DIsney)

Los Angeles: Shelton Mpala, aktivis asal Zimbabwe melayangkan petisi melarang pihak Disney menggunakan frasa "hakuna matata" sebagai trademark atau kepemilikan untuk produk mereka. Hakuna Matata masuk dalam salah satu judul soundtrack utama film The Lion King besutan Disney rilisan 1994.

Petisi yang dilayangkan melalui laman Change.org itu telah mencapai angka kebih dari 40 ribu. Dalam isi petisi itu, Shelton menuliskan "hakuna matata" adalah bahasa Swahili dari Afrika Timur yang berarti "jangan khawatir."

Kata "hakuna matata" telah digunakan sebagian besar masyarakat Swahili di beberapa negara seperti Tanzania, Kenya, Uganda, Rwanda, Burundi, Mozambique, dan Republik Demokratik Kongo.

Sebelumnya, Hakuna Matata dibawakan dalam lagu Jambo Bwana. Lagu ini dibawakan grup musik Them Mushroms asal Kenya pada 1980. Kalimat "hakuna matata" diulang-ulang pada bagian refrain.

Pada 1994, Disney mendaftarkan Hakuna Matata sebagai milik Disney untuk memberhentikan penggunaan frasa tersebut dalam berbagai merchandise tak resmi. Pengajuan itu pun ditandatangi pada 2003 dan masih berlaku.


(Foto: Bukti hak cipta frasa "Hakuna Matata" oleh Disney)

Hingga berita ini diturunkan angka petisi yang dibuat Shelton Mpala terus meningkat.
 


(ASA)