"Marlina" Film Terbaik FFI 2018, Boyong 10 Piala Citra

Purba Wirastama    •    10 Desember 2018 09:29 WIB
FFI 2018
Tim produksi Marlina usai memborong 10 Piala Citra 2018 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Jakarta: Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak didaulat sebagai film cerita panjang terbaik dalam Piala Citra 2018, anugerah dalam Festival Film Indonesia (FFI). Film garapan sutradara-penulis Mouly Surya ini juga memboyong kemenangan dalam sembilan kategori lain.

Dari 18 kategori khusus film cerita panjang, Marlina masuk ke 14 kategori dan menjadi film dengan jumlah nominasi paling banyak. Hingga tahap akhir penjurian, akumulasi suara para juri tidak beda jauh karena menang dalam 10 kategori.

Penghargaan tersebut meliputi Film Terbaik, Penulis Naskah Asli Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Utama dan Aktris Pendukung Terbaik, Penata Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Sinematografi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, serta Penata Musik Terbaik.

Dalam kategori film cerita panjang terbaik, Marlina menyisihkan tiga film lain meliputi Aruna & Lidahnya (Edwin), Sekala Niskala (Kamila Andini), serta Sultan Agung: Harta, Tahta, Perjuangan (Hanung Bramantyo).

"Kami semua dari tim Marlina sangat bersyukur. Semoga film kami sudah bisa menjadi sesuatu yang bisa kita banggakan bersama," kata produser-penulis Rama Adi di podium setelah menerima trofi.

"Kami sangat bersyukur Mas Garin (Nugroho) bertemu Mouly, dan menyerahkan ceritanya," imbuh Rama merujuk ke obrolan awal mula proyek film ini bergulir di Yogyakarta empat tahun silam. "Saya naksir berat begitu baca ceritanya."

Saat bertemu wartawan usai menerima penghargaan, Rama menyebut bahwa film-film pesaing mereka juga terhitung bagus dan berasal dari sutradara "yang dinantikan".

"Mereka semua juga expected filmmakers. Ada Edwin dan Kamila, film-film mereka juga bagus, itu yang sebenarnya bikin bangga, bahwa film indonesia akan maju," ungkap Rama.

Piala Citra ke-38 digelar di Teater Besar Taman Ismail Marzuki Jakarta pada Minggu malam, 9 Desember 2018 dan disiarkan secara langsung di Metro TV. Total ada 48 judul film cerita dan dokumenter panjang yang menjadi nomine dalam 22 kategori.

Setelah Piala Citra, Marlina masih punya peluang menerima penghargaan lain dari ajang Academy Awards atau Piala Oscar awal tahun depan. Film produksi Cinesurya, Kaninga, serta Shasha & Co ini mewakili Indonesia untuk seleksi kategori Best Foreign Language Film. Nomine akan diumumkan awal tahun depan.




(ASA)