Sutradara Beberkan Empat Keunggulan Film Surat Cinta untuk Starla

Cecylia Rura    •    22 Desember 2017 18:52 WIB
film indonesia
Sutradara Beberkan Empat Keunggulan Film Surat Cinta untuk Starla
Rudi Aryanto (Foto: medcom/cecylia)

Jakarta: Berangkat dari video klip lagu Surat Cinta Untuk Starla yang dinyanyikan Virgoun, cuplikan kisah cinta Starla berkembang menjadi mini seri YouTube. Melihat animo masyarakat yang begitu tinggi terhadap drama cinta remaja ini melalui angka viewers YouTube, cerita tersebut berhasil diangkat ke layar lebar dan dikemas dalam 100 menit.

Sutradara Rudi Aryanto mengungkapkan ada empat keunggulan yang ingin didedikasikan untuk penonton melalui film ini. Pertama, pendalaman jiwa. Dalam setiap adegan Rudi mewanti-wanti para pemainnya untuk selalu berakting dengan melibatkan jiwa.

"Harus punya soul, jiwa. Kami lakukan riset soal percintaan remaja seperti apa," ungkap Rian usai press screening film Surat Cinta Untuk Starla di CGV Grand Indonesia, Jumat, 22 Desember 2017.

Kedua, masalah karakter. Setiap pemain memiliki karakter kuat. Seperti tokoh Hema yang diperankan oleh Jefri Nichol, berbeda dengan tokoh barista yang membantu coffee shop Starla yang diperankan Ricky Cuaca. Sehingga masing-masing karakter memiliki kekuatannya masing-masing.

Ketiga, soal kemasan dan gaya. Mulai dari kostum yang dikenakan sampai penentuan lokasi adegan digarap dengan teliti oleh Rudi. Kota Bandung, Jakarta dan Purwakarta menjadi lokasi pilihan untuk beberapa adegan penting di dalam cerita.

Keempat, terkait detail cerita.

"Detil terasa banget kami menggarapnya. Starla membuang napas, menghembuskan napas, kamera, kami hitung, karena diulang-ulang jadi penghayatan," katanya.

Jefri Nichol sendiri melakukan pengulangan adegan berbalik badan sebanyak 48 kali. Caitlin pun membutuhkan waktu setidaknya 4-5 jam untuk mendapatkan poin yang pas saat membanting bingkai foto.

Surat Cinta Untuk Starla merupakan proyek pertama Rudi Ariyanto sebagai sutradara di bidang film. Sebelumnya, alumnus bergelar master dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini lebih sering menggarap proyek iklan.

Film Surat Cinta Untuk Starla diproduseri oleh Sukhdev Singh dan Wicky V. Olindo. Dalam penggarapan naskah Rudi selaku sutradara pun ikut andil dalam pengembangan cerita. Film ini merupakan film produksi kesembilan rumah produksi Screenplay Films.

Jefri Nichol dan Caitlin Halderman beradu akting sebagai tokoh utama cerita. Beberapa pemeran pendukung di antaranya Ricky Cuaca, Ramzi, Mathias Muchus, Dian Nitami, Rianti Cartwright, Rizki Hanggono, Amanda Manopo dan Meriam Bellina.

Surat Cinta Untuk Starla dijadwalkan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia mulai 28 Desember 2017.



 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

4 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA