Adaptasi The Dark Tower Gagal Capai Target, Ini Kata Stephen King

Purba Wirastama    •    24 Desember 2017 10:28 WIB
film asing
Adaptasi The Dark Tower Gagal Capai Target, Ini Kata Stephen King
The Dark Tower adalah satu dari dua film adaptasi novel Stephen King yang dirilis tahun ini. (Foto: Movieweb)

Los Angeles: The Dark Tower  adalah satu dari dua film adaptasi novel Stephen King yang dirilis tahun ini. Namun tak seperti IT, The Dark Tower gagal mencapai target komersial dan mendapat ulasan negatif dari para kritikus.

Stephen, sang novelis menyebut bahwa masalah utamanya adalah target pasar penonton yang tidak tepat. Dalam wawancara dengan Entertainment Weekly, dia menyebut bahwa pihak studio ingin film ini ditonton kalangan remaja hingga dewasa demi mengeruk keuntungan besar. Namun hal ini justru menjadi ganjalan.

Seperti diketahui, Sony Pictures menyiapkan The Dark Tower untuk kategori PG-13 atau 13+. Menurut Stephen, film ini akan bisa lebih baik dengan kategori R (Restricted) atau 17+ atau 21+.

"Akhirnya jadilah film PG-13 ini, dan aku pikir film ini kehilangan banyak unsur kekerasan dan tak menjadi sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata Stephen.

Novelis kelahiran 1947 ini juga mengaku pernah menyampaikan pendapatnya ke pihak studio, tetapi tidak mendapat tindak lanjut. 

"Ketika mereka benar-benar membuat film tersebut, aku punya keraguan sejak awal, yang aku ungkapkan tetapi tidak berlanjut ke mana-mana," ucap dia.

It Jadi Film Adaptasi Novel Stephen King Terlaris

Aslinya The Dark Tower  merupakan novel delapan seri yang didaku sebagai karya terbesar Stephen. Kisahnya berpusat pada seorang gunslinger terakhir dari dunia paralel, penjaga keseimbangan semesta.

Namun film adaptasinya justru gagal mengikuti jejak kesuksesan. Sementara itu, film IT dari Warner Bros sukses dengan capaian USD 698 juta untuk pasar global. IT juga menjadi film adaptasi novel Stephen terlaris, melampaui rekor The Green Mile (1999). 



(DEV)