Ada Ratusan Pot Bunga Besar di Festival Film Cannes, Ini Fungsinya

Purba Wirastama    •    18 Mei 2017 16:23 WIB
festival film cannes
Ada Ratusan Pot Bunga Besar di Festival Film Cannes, Ini Fungsinya
Pengamanan Festival Film Cannes (Foto: reuters)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 400 pot bunga besar ditempatkan di trotoar sekeliling lokasi penyelenggaraan Cannes Film Festival (CFF) ke-70 di pantai tenggara Perancis. Pot-pot bunga menjadi salah satu lapisan keamanan untuk mengantisipasi serangan kendaraan seperti yang pernah terjadi di negara ini delapan bulan lalu.

Pada Juli 2016, sebuah truk besar melibas kerumunan orang dalam perayaan Hari Bastille di Nice, tak jauh dari kota Cannes. Serangan ini menewaskan sedikitnya 84 orang, dan menjadi serangan kedua paling mematikan di Perancis setelah aksi teror pada November 2015.

Tindakan pengamanan diperketat menyusul aksi ini, termasuk untuk acara bergengsi seperti CFF yang dihadiri ribuan tamu dari berbagai negara. Seperti diberitakan Reuters, pot-pot besar dipasang sebagai blokade tersembunyi yang dapat menghentikan serangan serupa dari truk atau kendaraan.

Selain itu, polisi juga menempatkan rantai berduri sepanjang 160 meter untuk menghalangi truk, dan mengerahkan bantuan ekstra untuk menginformasikan segala aktivitas mencurigakan. Sebanyak 550 kamera keamanan juga diaktifkan untuk memantau situasi.

CFF 70 telah dibuka sejak Rabu 17 Mei 2017 dan akan berlangsung hingga Minggu 28 Mei. Satu film dari Indonesia masuk ke dalam program Directors' Fortnight, yaitu Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak arahan Mouly Surya. Marlina menjadi film panjang Indonesia keempat yang ditayangkan di CFF, setelah Tjoet Nja' Dhien (1988), Daun di Atas Bantal  (1999), dan Serambi (2006).

Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf) juga turut hadir dan membawa beberapa judul film nasional untuk dipromosikan di Marche du Film (Pasar film Cannes).  Selain itu Bekraf juga mengajak sedikitnya lima kepala daerah untuk mempromosikan daerah masing-masing sebagai lokasi syuting.

 


(ELG)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

5 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA