Sudut, Kisah Inspiratif dari Para Seniman

Nia Deviyana    •    01 April 2018 15:48 WIB
film dokumenter
Sudut, Kisah Inspiratif dari Para Seniman
(Foto: Dok. Seamless Creative)

Jakarta: Seamless Creative meluncurkan karya terbaru mereka, sebuah web series bertajuk Sudut. Menampilkan kisah inspiratif para seniman, Sudut berusaha menyampaikan pesan bahwa cita-cita tidak boleh kalah dengan keadaan.

Tiga episode pertama Sudut menghadirkan pelukis Ajat Bahar, fotografer panggung Rendha Rais, dan musisi Bam Mastro dari Elephant Kind. Di sini, mereka membagi kisah, pandangan, dan opini pribadi berdasarkan pengalaman mereka berkarya.

"Lewat web series ini kami coba membagikan sudut pandang seniman Indonesia tentang beragam sudut kehidupan secara mendalam dan komprehensif. Kami ingin coba menyampaikan bahwa menjadi seniman tak mendatangkan ragu dan pilu, melainkan mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan," ujar Nino Nirmolo lewat siaran pers yang diterima Medcom.id, Minggu, 1 April 2018.

Proyek ini berawal dari ketertarikan Nino, Tito, dan Acha terhadap dunia seni dan kreatif. Belakangan, tiga mahasiswa Universitas Indonesia ini justru merasa kalau kehidupan berkesenian di Indonesia cenderung kurang diperhatikan. Masih banyak yang ragu dan memandang sebelah mata profesi ini. Keresahan mereka ini akhirnya berbuah karya, ketika mereka bertemu dengan Rully Andriyanto, seorang film maker yang akhirnya menjadi mentor mereka.

Bersama-sama, mereka merumuskan sebuah project kolaborasi kolektif, yang diharapkan bisa menginspirasi.

Semua video ini mereka kerjakan secara swadaya, tanpa ada dukungan sponsor.

"Kami patungan untuk bisa bikin ini tanpa berharap uang kembali. Karena tujuan awal kami memang untuk menginspirasi negeri dan menawarkan peta jalan hidup alternatif," jelas Rully.

“Saya berkeyakinan, bahwa melalui proyek iseng senang ini, akan banyak pelajaran didapat baik teknis maupun intuitif yang dapat berguna tak hanya bagi saya, tetap juga orang lain," tambah Nino.

Saat ini, mereka sedang mempersiapkan seri lanjutan dari video berkonsep semi dokumenter ini. Sosok-sosok inspiratif berikutnya akan mereka sajikan dengan kemasan yang terus dikembangkan.

"Karena ini semua masih awal, masih perlu banyak kerja keras dan berproses untuk terus menghasilkan karya yang bisa diterima dan dipertanggung jawabkan," pungkas Nino.


(DEV)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

3 days Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA