Aming Sebut Film Ngawur Parodi Danur Tak Langgar Hak Cipta

Purba Wirastama    •    17 Oktober 2017 16:22 WIB
film indonesiaaming
Aming Sebut Film Ngawur Parodi Danur Tak Langgar Hak Cipta
Aming dalam trailer film Ngawur (youtube SAS films)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aming Sugandhi ikut terlibat sebagai salah satu aktor di film Ngawur, parodi film Danur: I Can See Ghost, yang dikecam oleh pihak MD Pictures karena dibuat tanpa seizin mereka. Aming menilai tanggapan pihak MD berlebihan.

"Ngawur ini kan kayak film Hollywood yang (dibuat sebagai) tribute untuk film-film box office gitu kan. Kayak Scary Movie, Superhero Movie," kata Aming saat ditemui di Senayan City Mall Jakarta, Senin 16 Oktober 2017 malam.

"Beberapa pihak, enggak terima, lucu saja. Yang pasti enggak ada pelanggaran hak cipta," imbuh Aming.

Film Ngawur digarap oleh sutradara Rangga Nattra di bawah bendera produksi SAS Films. Tyo Pakusadewo dan Sarjono Sutrisno bertindak sebagai produser. Sementara Danur, salah satu film yang dijadikan acuan parodi di film Ngawur, digarap oleh sutradara Awi Suryadi di bawah bendera MD Pictures.

Sebelumnya pihak MD telah mengecam keberadaan proyek ini. Produser Manoj Punjabi, seperti dilaporkan Kompas.com, telah melayangkan surat kepada pihak SAS dan akan mengirim surat keberatan kepada pihak bioskop supaya film Ngawur tidak ditayangkan.

Menurut Manoj, film Hollywood seperti Scary Movie tetap mengantongi izin dari pihak pemilik film yang diparodikan. Dia menyebut proyek Ngawur hanya mengambil aji mumpung dari popularitas film Danur. Dia juga tak segan untuk mengambil langkah hukum.

"Gampang banget ambil karakter kami, tapi dampak untuk kami jelek sekali. Saya pribadi enggak akan diam untuk melakukan legal action," kata Manoj, Mei 2017 lalu.

"Kalaupun izin, kami enggak mau. Meski dibayar, saya enggak mau," imbuh dia.

Produser Tyo Pakusadewo menyatakan bahwa Ngawur dibuat sebagai penghargaan bagi film-film populer. Sumber parodi juga tidak hanya Danur, tetapi juga beberapa film seperti My Stupid Boss, Thor, dan seri Sadako.

"Itu bentuknya compliment, sifatnya pun pemberitahuan, bukan minta izin. Kami justru menolong mereka mempopulerkan tokoh yang sudah dikenal, supaya kalau mereka bikin yang kedua, ketiga, ini tetap terjaga," ujar Tyo, dikutip dari Kompas.com.

Menurut Aming, Ngawur tetap berlanjut dan dijadwalkan untuk rilis pada Desember 2017. Selain Aming, aktor yang terlibat antara lain Tyo, Kesha Ratuliu, Ricky Harun, Ricky Cuaca, Revaldo, Rizky Mocil, Dania, Sri Hartini, Ichard, Fadlun, Shane Major, dan El Surya.



 


(ELG)

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

1 day Ago

Danilla merengkuh segala yang bisa dilakukan oleh seorang penyanyi pendatang baru. Mulai dari m…

BERITA LAINNYA