Cate Blanchett Ditunjuk Jadi Ketua Juri Festival Film Cannes 2018

Purba Wirastama    •    04 Januari 2018 15:08 WIB
festival film
Cate Blanchett Ditunjuk Jadi Ketua Juri Festival Film Cannes 2018
Cate Blanchett (Foto: YouTube)

Dewan festival telah menunjuk aktris Australia Cate Blanchett sebagai presiden juri untuk Festival Film Cannes ke-71 pada Mei 2018 mendatang. Cate akan memimpin dewan juri program kompetisi utama. 

"Aku datang ke Cannes dalam berbagai status selama bertahun-tahun. Sebagai seorang aktris, produser, masuk ke pasar film, gala-sphere, dan dalam kompetisi. Namun aku tak semata-mata datang demi kesenangan menonton film-film yang tumpah ruah di ajang festival besar ini," kata Cate dalam pernyataan resmi.

"Aku merasa terhormat mendapat kesempatan dan tanggung jawab memimpin juri tahun ini. Festival ini memainkan peran penting untuk membawa dunia bersama-sama merayakan cerita - sebuah usaha aneh dan vital yang orang-orang bagikan, pahami, dambakan," lanjutnya. 

Presiden festival Pierre Lescure dan jenderal delegasi Thierry Fremaux menyambut gembira kedatangan Cate. Pierre dan Thierry menyebut Cate adalah aktor gemilang baik di layar maupun panggung teater.

"Kami gembira menyambut artis yang langka dan unik. Talenta serta keyakinan dia memperkaya layar dan panggung. Dari pembicaraan kami musim gugur kemarin, dia akan jadi ketua yang berkomitmen, wanita penuh semangat, dan penonton berhati besar," 

Cate lahir di Australia 14 Mei 1969. Dia aktif sebagai aktor film dan teater sejak era 1990-an. Dia membintangi lebih dari 50 film, antara lain Elizabeth, The Aviator, dan Blue Jasmine yang mengantarnya meraih Piala Oscar. Tujuh film yang dia bintangi mendapat Piala Oscar kategori Film Terbaik.

Terakhir dia muncul sebagai pemeran antagonis di film Thor: Ragnarok. Film Cate berikutnya yang akan dirilis pada 2018 antara lain Where'd You Go, Bernadette dan Ocean's 8. 


(ASA)