Marlina Si Pembunuh dan Sekala Niskala Raih Penghargaan Utama di Tokyo FILMeX

Purba Wirastama    •    26 November 2017 11:12 WIB
festival film
Marlina Si Pembunuh dan Sekala Niskala Raih Penghargaan Utama di Tokyo FILMeX
Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (Foto: Cinesurya)

Jakarta: Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak  dari sutradara Mouly Surya dan Sekala Niskala  dari sutradara Kamila Andini berbagi kemenangan dalam ajang festival film Tokyo FILMeX ke-18. Kedua film sama-sama meraih hadiah utama dari juri menyisihkan tujuh film unggulan lain.

Sementara, The Night I Swam  dari Damien Manivel (Prancis) dan Igarashi Kohei (Jepang) meraih penghargaan Student Jury Prize. Kedua sutradara membuat karya kolaborasi ini setelah bertemu di Festival Film Locarno 2014.

Dalam ajang lain, Marlina  dan Sekala Niskala  juga mengukir prestasi. Kedua film ini memang berkeliling ke sejumlah festival film internasional selama beberapa pekan terakhir, baik dalam program kompetisi maupun hanya pemutaran.

Sekala Niskala  meraih anugerah Best Youth Feature Film dalam Asia Pacific Screen Awards (APSA) ke-11 di Brisbane, menyisihkan empat film Turki, Australia, Iran, serta Tiongkok.

Dalam APSA pula, Mouly Surya diunggulkan dalam Achievement in Directing lewat film Marlina. Kemenangan diraih Andrey Zvyagintsev lewat film Loveless. Lalu ada Cut Mini, yang diunggulkan sebagai aktris terbaik lewat Athirah. Nata Murvanidze dari Georgia menang dalam kategori ini lewat Scary Mother.

Sementara, Marlina mendapat NETPAC Jury Award dari Five Flavours Asian Film Festival ke-11 di Warsawa. Film ini berkompetisi di program New Asian Cinema dengan 10 film lain dari Asia, yang dinilai kurang familiar bagi penonton Polandia.
 

A post shared by Mouly Surya (@moulysurya) on Nov 25, 2017 at 1:48am PST

Sebelumnya, Marlina meraih penghargaan skenario terbaik dalam ajang Festival International du Film de Femmes de Sale ke-11 di Maroko. Dalam QCinema Film Festival, film ini didapuk sebagai film terbaik dalam program Asian Next Wave Competition ke-5 di Filipina.

Dalam Sitges International Fantastic Film Festival di Spanyol, Marsha Timothy diganjar penghargaan aktris terbaik lewat film Marlina. Filmnya sendiri dipercaya oleh para juri patut mendapat perhatian dengan penghargaan Special Mention untuk program Focus Asia.

Berikutnya, Marlina dan Sekala Niskala juga diunggulkan dalam Jogja-NETPAC Asian Film Festival dan Festival Film Tempo.


(DEV)