Rizal Mantovani Menerjemahkan Cinta Berbeda dalam Antologi Rasa

Cecylia Rura    •    04 Januari 2019 19:04 WIB
Film Antologi Rasa
Rizal Mantovani Menerjemahkan Cinta Berbeda dalam Antologi Rasa
Rizal Mantovani. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Rizal Mantovani dipercaya sebagai sutradara untuk mengadaptasi film Antologi Rasa dengan naskah adaptasi yang ditulis Ferry Lesmana. Dia menemukan hal berbeda ketika menangkap makna cinta dalam novel karya Ika Natassa.

"Dalam jatuh cinta itu sebenarnya misleading, kata-kata jatuh cinta. Karena mungkin ada kata cinta di situ, jadi kita terlatih memikirkan perasaan sayang," kata Rizal dalam jumpa pers di kantor Soraya Intercine Films, Jakarta Pusat, Jumat 4 Januari 2019.

Menurutnya, perasaan cinta yang selama ini diartikan sebagai sayang kurang tepat. Perasaan yang dianggap bertolak belakang turut dikategorikan menjadi rasa sayang.

"Padahal di situ dalam jatuh cinta berbagai macam perasaan itu masuk, apakah ada perasaan kesal, sedih, dengki, kosong, rindu, marah. Bahkan benci itu ada walaupun dia sebenarnya 180 derajat dari kata cinta," kata Rizal.

Rizal Mantovani didapuk menjadi sutradara oleh produser Sunil Soraya di bawah payung Soraya Intercine Films. Sebelum menandatangani kontrak dua tahun lalu, Rizal membaca buku Antologi Rasa dan menerjemahkan pesan perasaan cinta di tengah hubungan rumit antara Harris, Keara, Ruly dan Denise.

Syuting Antologi Rasa dilakukan selama tiga bulan mulai Maret hingga Mei 2018. Film adaptasi novel ini dikemas dalam durasi dua jam dengan jaminan membawa perasaan yang sama ketika pembaca membaca novel Antologi Rasa.

Film ini dibintangi Herjunot Ali, Carissa Perusset, Refal Hady, Atikah Suhaime dan Angel Pieters.

Antologi Rasa tayang di bioskop 14 Februari 2019.
 


(ELG)