Reza Rahadian Bingung Hanung Tak Masuk Nominasi Sutradara Terbaik FFI 2016

Elang Riki Yanuar    •    29 Oktober 2016 07:10 WIB
reza rahadianffi (festival film indonesia)
Reza Rahadian Bingung Hanung Tak Masuk Nominasi Sutradara Terbaik FFI 2016
Reza Rahadian (Foto: Metrotvnews)

Metrotvnews.com, Jakarta: Daftar lengkap nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2016 sudah diumumkan beberapa waktu lalu. Hasil nominasi itu rupanya menyisakan keanehan tersendiri bagi Reza Rahadian.

Reza heran Hanung Bramantyo tidak masuk nominasi di kategori Sutradara Terbaik. Padahal, film garapan Hanung, Rudy Habibie terpilih menjadi salah satu nomine di kategori film terbaik.

"Buat saya, Rudy Habibie cukup mewakili kategori film terbaik selain nominasi lainnya. Meskipun sutradaranya tidak masuk nominasi, itu agak aneh menurut saya. Tapi selalu ada hal yang mengejutkan yang terjadi," kata Reza saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta.

Kategori film terbaik diisi oleh  Aisyah Biarkan Kami Bersaudara, Athirah, Rudy Habibie,  Salawaku, Surat dari Praha. Sedangkan nomine sutradara terbaik yaitu, Riri Riza (Athirah), Timo Tjahjanto & Kimo Stamboel(Headshot), Yosep Anggi Noen (Istirahatlah Kata-kata), Upi (My Stupid Boss), dan Pritagita Arianegara (Salawaku).

Menurut pandangan pribadi Reza, sutradara dari kategori film terbaik sudah sepatutnya ikut masuk dalam nominasi kategori sutradara terbaik pula. Hanung memang masuk nominasi tapi di kategori penulis skenario adaptasi terbaik bersama Gina S Noer lewat film Rudy Habibie. Meski begitu, Reza yakin dewan juri punya pandangan tersendiri.

"Film Rudy Habibie tidak akan ada, film ini dinikmati lebih dari dua juta penonton karena peran besar dari sutradara yaitu Hanung Bramantyo. Kalau sutradara film tidak masuk, buat saya itu hanya menjadi catatan pribadi saja. Sejauh ini saya bisa mensyukuri penilaian dari dewan juri. Selebihnya lihat nanti malam puncak seperti apa," urainya.

Tahun ini, Reza Rahadian masuk nominasi aktor terbaik lewat dua film yakni, My Stupid Boss dan Rudy Habibie. Selain menjadi nomine, Reza terlibat sebagai panitia yang membidani bidang acara.

"Saya mensyukuri keterlibatan saya di FFI dari 2009 sampai 2016. Selama tujuh tahun masih dipercaya masuk nominasi setiap tahunnya. Tapi saya menginginkan tahun depan ada nama aktor baru yang bisa mengisi nama aktor terbaik karena buat saya regenerasi itu penting," terangnya.

 


(ELG)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

1 week Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA