Sutradara Ibaratkan Tokoh Fahri di Ayat Ayat Cinta sebagai Superman Indonesia

Cecylia Rura    •    07 Desember 2017 11:21 WIB
film ayat-ayat cinta 2
Sutradara Ibaratkan Tokoh Fahri di Ayat Ayat Cinta sebagai Superman Indonesia
Jumpa pers film AAC 2 (Foto: Metrotvnews/Cecylia)

Jakarta: Tokoh Fahri Abdullah yang diperankan Fedi Nuril dalam Ayat Ayat Cinta 2 menggambarkan sosok pria idaman sekaligus pahlawan di negeri orang. Nyaris sempurna, penulis novel Ayat Ayat Cinta 2  Habiburrachman El Shirazy mengatakan tokoh Fahri dibuat dari penggabungan beberapa tokoh Indonesia yang kurang diekspose.

"Sengaja kita buat seperti itu karena selama ini yang di berita, baik kita baca di koran, kita lihat di infotainment, itu role model yang kurang tepat," papar pria yang akrab disapa Kang Abik ini usai gala premier film Ayat Ayat Cinta 2, Rabu, 6 Desember 2017.

"Sebetulnya tokoh-tokoh yang lebih dari Fahri itu banyak. Tokoh-tokoh kita. Tokoh-tokoh bangsa kita misalnya Bung Hatta, Agus Salim, mereka jauh lebih hebat daripada Fahri. Dan kita punya anak-anak muda di luar sana yang berprestasi itu lebih hebat dari Fahri cuma itu nggak terekspose," lanjutnya.

Sang novelis bahkan menyeletuk tokoh Fahri setara dengan tokoh Superman dari Amerika.

"Kalau Amerika bisa bikin Superman, saya bikin Fahri," cetusnya.

Habib ingin menciptakan tokoh Fahri untuk memotivasi anak-anak muda di Indonesia agar optimis mengejar apa yang dirasa mustahil. Dari pengalaman sang penulis, ada banyak profesor dan akademisi Indonesia di negara-negara maju seperti Inggris dan California. Hanya saja, tokoh-tokoh tersebut dirasa kurang terekspose dengan baik.

Pembentukan tokoh Fahri Abdullah merupakan gabungan dari beberapa tokoh. Tidak hanya satu melainkan beberapa orang yang ditemui Abik.

"Jadi kalau ada orang (Indonesia) yang mengajar di Inggris itu terjadi," jelasnya.

Menurutnya, Fahri Abdullah menggambarkan orang yang menghayati Islam dengan baik.

Kendati terbilang nyaris sempurna sebagai tokoh yang diidolakan, Abik mengatakan tentu ada yang nilai minus dari peran Fahri.

"Dia terlalu melankolis. Itu sosok lemahnya. Dia terlalu mencintai istrinya, sehingga susah move on," celetuk Abik sambil tertawa kecil.

Selain Fedi Nuril yang didapuk sebagai tokoh utama Fahri Abdullah, ada beberapa nama perempuan yang ikut beradu akting seperti Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Dewi Sandra, serta aktris asal Malaysia Nur Fazura. Pandji Pragiwaksono turut hadir memberikan bumbu humor berkolaborasi dengan Arie Untung.

Sekuel kedua dari film terhadulunya yang sempat masuk box office kali ini digarap oleh sutradara Guntur Soeharjanto berdasarkan tulisan naskah Alim Sudio yang disadur dari novel karya Habiburrachman El Shirazy. Film ini berada di bawah payung rumah produksi MD Pictures diproduseri oleh Manoj Punjabi.

Ayat Ayat Cinta 2  tayang serentak di bioskop domestik mulai 21 Desember mendatang disusul penayangan di Malaysia pada 11 Januari 2018.

 


(DEV)