10 Film Terlaris Sepanjang 2017

Cecylia Rura    •    25 Desember 2017 12:41 WIB
kaleidoskop film
10 Film Terlaris Sepanjang 2017
Beauty and the Beast jadi film paling laris sepanjang 2017 (Foto: Movieweb)

Jakarta: Beragam film disuguhkan sepanjang 2017. Beberapa di antaranya berhasil mencapai target komersial, bahkan dipuji kritikus. Menjelang akhir 2017, berikut hasil telusuran Medcom.id untuk daftar film terlaris selama setahun yang dilansir melalui situs Box Office Mojo.

1. Beauty and the Beast (2017)

Film live-action fantasi romantis yang diperankan Emma Watson bersama Dan Stevens menduduki peringkat pertama untuk kategori film terlaris. Hingga pertengahan Desember 2017 film yang diproduksi dengan bujet USD160 juta atau sekitar Rp 2 triliun ini menghasilkan total keuntungan USD1,263 miliar atau sekitar Rp 17 triliun. Total 4.210 layar bioskop menayangkan film ini sejak tayang perdana pada 17 Maret 2017 hingga 13 Juli 2017. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 6.6/10 untuk film Beauty and the Beast.

Film ini dikemas ulang dari versi asli yang berupa animasi produksi Disney tahun 1991. Bangku sutradara diduduki Bill Condon. Pengerjaan naskah cerita diserahkan kepada Stephen Chbosky dan Evan Spiliotopulos. Film ini diproduseri David Hoberman serta Jeffrey Silver sebagai produser eksekutif dan diproduksi di bawah konsorsium rumah produksi Walt Disney Pictures dan Mandeville Films.

2. The Fate of the Furious

The Fate of the Furious dikenal dengan Fast & Furious 8, Fast 8 dan kerap disingkat F8. Ini merupakan film action Amerika yang mengisahkan kelanjutan cerita Van Diesel CS dalam sebuah misi berbahaya. F8 berhasil meraup keuntungan USD1,235 miliar atau sekitar Rp 16 triliun sejak tayang perdana 14 April 2017 hingga 13 Juli 2017 di 4.329 layar bioskop. Bujet awal yang dikeluarkan sekitar USD250 juta atau sekitar Rp 3 triliun. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 6.2/10 untuk film The Fate of the Furious.

F8 berjalan lewat arahan sutradara F. Gary Gray berdasarkan naskah yang ditulis Chris Morgan. Chris berperan ganda dengan menempatkan diri di bangku produser bersama Neal H. Moritz, Michael Fottrell serta Vin Diesel yang juga berperan sebagai tokoh utama dalam film. Film ini berada di bawah naungan rumah produksi China Film, Original Film dan One Race Films dan didistribusikan Universal Pictures.

3. Despicable Me 3

Melanjutkan sekuel film terdahulunya, Gru hadir dengan cerita segar yang melibatkan saudara kembarnya untuk melawan musuh baru Balthazar Bratt, anak kecil dari era 1980-an yang menjelma menjadi penjahat. Despicable Me 3 berhasil meraup keuntungan USD1,033 miliar atau sekitar Rp 14 triliun sejak tayang perdana pada 30 Juni 2017 di 4.535 layar bioskop dengan bujet awal USD80 juta atau sekitar Rp 1 triliun. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 5.7/10 untuk film Despicable Me 3.

Film ini diarahkan oleh sutradara Pierre Coffin dan Kyle Balda berdasarkan naskah yang ditulis Cinco Paul dan Ken Daurio. Chris Meledandri dan Janet Healy berkolaborasi di bangku produser. Film ini berada di bawah naungan konsorsium rumah produksi Universal Pictures dan Illumination Entertainment dan didistribusikan juga oleh Universal Pictures.

4. Spider-Man: Homecoming

Tom Holland sukses memukau penggemar fanatik Spiderman lewat aksi perdananya dalam sekuel Spider-Man. Sejak awal penayangan Spider-Man: Homecoming pada 7 Juli 2017 hingga 30 November 2017 di 4.348 layar, film ini berhasil meraup keuntungan hingga USD880 juta atau sekitar Rp 11 triliun dengan bujet awal sekitar USD117 juta atau Rp 2 triliun. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 7.6/10 untuk film Spider-Man: Homecoming.

Spider-Man merupakan karakter yang diadaptasi dari komik Marvel. Ini merupakan film reboot kedua Spider-Man dan film keenam Marvel Cinematic Universe. Film ini disutradarai Jon Watts. Kevin Feige dan Amy Pascal berbagi kursi produser. Penulisan naskah diberikan kepada Jonathan Goldstein dan John Francis Daley berdasarkan cerita Spider-Man yang ditulis Stan Lee dan Steve Ditko. Film ini diproduksi Columbia Pictures bersama Marvel Studios dan didistribusikan Sony Pictures Releasing.

5. Wolf Warrior 2

Film action Wolf Warrior asal Tiongkok mampu meraup keuntungan sebesar USD870 juta atau sekitar Rp 11 triliun sejak pertama kali tayang pada 28 Juli 2017 di 53 layar bioskop. Bujet awal film ini menghabiskan USD30,1 juta atau sekitar Rp 407 juta. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 5.5/10 untuk film Wolf Warrior 2.

Wolf Warrior 2  merupakan sekuel lanjutan dari Wolf Warrior tahun 2015. Mengisahkan seorang tentara China, Leng Feng yang mempunyai misi khusus. Dalam sekuel ini Leng Feng berada di sebuah negara Afrika. Ia kemudian bertugas melindungi para pekerja medis dari pemberontak lokal dan pemasok senjata tajam. Film ini disutradarai Wu Jing, yang sekaligus duduk di bangku produser bersama Jiang Ping, Zhao Haicheng, Li Yang, Zhao Jianjun, Xu Zhiyong, Jing Defu, Liu Kailuo, Deng Hao dan Wu Yan. Wu Jing pun terlibat dalam pengerjaan naskah bersama Dong Qun dan Liu Yi. Sekaligus, Wu Jing ikut bermain dalam film ini. Film ini diproduksi di bawah konsorsium empat rumah film, Deng Feng International Media, China Film Group, Bona Films dan Beijing Culture.

6. Guardians of the Galaxy Vol. 2

Hingga Desember 2017 aksi Chris Patt dan kawan-kawan dalam Guardians of the Galaxy Vol. 2 memeroleh keuntungan hingga USD863 juta atau sekitar Rp 11 triliun sejak tayang perdana 5 Mei 2017 hingga 21 September 2017. Film dengan jumlah penayangan di 4.347 layar bioskop ini awalnya menggunakan bujet sekitar USD200 juta atau Rp 2,7 triliun. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 7.2/10 untuk film Guardians of the Galaxy Vol. 2.

Guardians of the Galaxy Vol. 2 merupakan sekuel dari film terdahulunya dengan judul yang sama. Sekumpulan superhero besutan Marvel Studios ini melanjutkan perjalanannya mencari cosmos dengan segudang cerita tantangan. James Gunn berperan ganda sebagai sutradara dan penulis naskah. Film ini diproduseri Kevin Feige dan diproduksi di bawah rumah film Marvel Studios dan didistribusikan melalui Walt Disney Studios Motion Pictures.

7. Thor: Ragnarok

Sejak tayang perdana pada 3 November lalu film Thor: Ragnarok mampu meraup keuntungan hingga USD843 juta atau Rp 11 triliun dengan total bujet awal USD180 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun. Hingga saat ini film yang menampilkan aksi aktor berdarah Australia Chris Hemsworth tersebut telah tayang di 4.080 layar bioskop. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 7.5/10 untuk film Thor: Ragnarok.

Cerita Thor diadaptasi dari karakter Marvel Comics yang merupakan pengembangan tokoh superhero Thor. Taika Waititi berperan sebagai sutradara. Kevin Feige menduduki bangku produser. Pengerjaan naskah diserahkan kepada Craig Kyle dan Christopher Yost yang menyadur cerita Thor karya Stan Lee, Larry Lieber dan Jack Kirby. Thor: Ragnarok berada di bawah naungan rumah produksi Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures.

8. Wonder Woman

Aksi Gal Gadot sebagai Diana Prince sekaligus tokoh superhero wanita Wonder Woman dalam film ini cukup menarik perhatian publik. Film ini berhasil meraup keuntungan USD821 juta atau sekitar Rp 11 triliun sejak awal tayang pada 2 Juni 2017 hingga 9 November 2017 di 4.165 layar bioskop. Total bujet untuk film ini menghabiskan setidaknya USD149 juta atau Rp 2 triliun. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 7.5/10 untuk film Wonder Woman.

Wonder Woman merupakan tokoh fiksi besutan DC Comics yang didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures. Ini merupakan produk waralaba DC Extended Universe keempat. Bangku sutradara film Wonder Woman dipercayakan kepada Patty Jenkins. Pengerjaan naskah diserahkan kepada Allan Heinberg. Diproduseri oleh Charles Roven, Deborah Snyder, Zack Snyder dan Richard Suckle. Film ini diproduksi di bawah naungan enam rumah produksi, RatPac-Dune Entertainment, DC Films, Tencent Pictures, Wanda Pictures, Atlas Entertainment dan Cruel and Unusual Films.

9. Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales (Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge)

Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales dirilis di luar Amerika dengan judul Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge. Film yang mengunggulkan Johnny Depp sebagai aktor utama ini mampu meraup keuntungan USD794 juta atau sekitar Rp 10,7 triliun dengan modal bujet USD230 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun. Film bergenre fantasi ini telah ditayangkan di 4,276 layar bioskop sejak pertama kali tayang pada 26 Mei 2017 hingga 21 September 2017. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 4.7/10 untuk film Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales.

Film ini merupakan seri kelima dari film Pirates of the Caribbean dan sekuel dari film On Stranger Tides (2011). Film ini disutradarai Joachim Ronning dan Espen Sandberg berdasarkan naskah yang ditulis Jeff Nathanson dan Terry Rossio. Jerry Bruckheimer berperan sebagai produser dan berada di bawah naungan rumah produksi Walt Disney Pictures bekerjasama dengan Jerry Bruckheimer Films.

10. It

It atau dikenal dengan It: Chapter One merupakan film supernatural horor yang menampilkan aktor Jaeden Lieberher dan Bill Skarsgård. Pembuatan film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Stephen King tahun 1986. Film It berhasil meraup keuntungan USD698 juta atau sekitar Rp 9 triliun, jauh lebih banyak dari total bujet yang dikeluarkan yakni sekitar USD35 juta atau Rp 474 juta sejak awal penayangan pada 8 September 2017 hingga 14 Desember 2017 di 4.148 layar bioskop. Situs Rotten Tomatoes memberi rating 7.2/10 untuk film It.

Film ini mengisahkan tentang teror kepada tujuh anak-anak di Derry, Maine oleh sosok misterius. Andres Muschietti berperan sebagai sutradara dalam film It. Ia dibantu Chase Palmer, Cary Fukunaga dan Gary Dauberman untuk pengerjaan naskah cerita. Film ini diproduseri Roy Lee, Dan Lin, Seth Grahame-Smith, David Katzenberg dan Barbara Muschietti di bawah enam rumah produksi, New Line Cinema, Ratpac-Dune Entertainment, Vertigo Entertainment, Lin Pictures dan KatzSmith Productions. Film ini didistribusikan oleh Warner Bros Pictures.



 
(DEV)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA