Sutradara Ungkap Tantangan Menggarap Cerita Film Teman tapi Menikah

Purba Wirastama    •    06 Maret 2018 20:38 WIB
film indonesia
Sutradara Ungkap Tantangan Menggarap Cerita Film Teman tapi Menikah
Rako Prijanto dalam jumpa pers film Teman tapi Menikah di kantor Falcon, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Maret 2018 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Jakarta: Rako Prijanto dan Sartri Dania "Upi" Sulfiati mengadaptasi kisah cinta Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion dari novel Teman tapi Menikah ke film layar lebar berjudul sama. Bagi Rako, tantangan terbesar dia adalah penentuan sudut pandang penceritaan untuk kisah yang berlangsung selama 13 tahun. 

"Kalau omong Teman tapi Menikah, yang baca pasti sudah tahu bahwa kisahnya berakhir dengan menikah. Jadi, gimana cara kami merentangkan kisah ini supaya orang-orang mau menonton dan tertarik," kata Rako dalam jumpa pers di kantor Falcon Pictures, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Maret 2018. 

Dalam proyek ini, Rako menjadi sutradara dan Upi menulis skenario. Kendati novel aslinya memakai sudut pandang orang ketiga yang serba tahu, awalnya mereka sangat ingin menceritakan kisah Ayudia-Ditto dari sudut pandang Ayudia. Alasannya, kebanyakan penonton film Indonesia disebut lebih mudah akrab dengan sudut pandang perempuan.

Sayangnya, kisah cinta tersebut secara emosional lebih dinamis dari sisi Ditto. Selama 13 tahun bersahabat sejak SMP, diam-diam Ditto menyukai Ayudia. Dinamika perasaan Ayudia terhadap Ditto relatif lebih datar selama tahun-tahun pertemanan. 

Perbedaan emosional ini menjadi salah satu alasan kenapa akhirnya sudut pandang wanita tidak jadi dipakai untuk film Teman tapi Menikah. 

"Salah satu contoh saja, Ayu itu biasa saja ke Ditto pas SMA, enggak akan ada grafik emosi. Akhirnya kami putuskan untuk menarik sudut pandang Ditto. Dari sisi susunan adegan, shoot, editing, musik, desain produksi, semua berubah total," tutur Rako. 

Namun sudut pandang Ayu tetap diberikan ruang kecil di film karena kisahnya berangkat dari perjalanan kisah mereka berdua. 

"Untuk film ini diputuskan, 80 persen sudut pandang Ditto, 20 persen sudut pandang Ayu. Tantangan buat saya, ketika mengubah sudut pandang dari Ditto, tiba-tiba ke sudut pandang Ayu," imbuhnya. 

Proyek adaptasi ini dikerjakan di bawah naungan Falcon Pictures dengan produser Frederica, HB Naveen, dan Dallas Sinaga. Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla beradu akting untuk memerankan tokoh Ditto dan Ayu. 

Film ini menjadi film panjang ke-19 Rako sebagai sutradara sejak 2005. Dua film terakhirnya adalah Terjebak Nostalgia (2016) dan Bangkit! (2016). Ini adalah kolaborasi pertama dengan Upi. 

Teman tapi Menikah akan dirilis di bioskop pada Kamis, 29 Maret 2018.




(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

2 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA