Lima Film Panjang 2018 Debutan Sutradara Indonesia

Purba Wirastama    •    30 Januari 2018 16:20 WIB
trivia film
Lima Film Panjang 2018 Debutan Sutradara Indonesia
Partikelir film pertama Panji sebagai sutradara (Foto: dok. starvision plus)

Jakarta: Sebelum mengerjakan debut film panjang, seorang sutradara mungkin sudah  berkecimpung sejak lama atau justru orang yang relatif 'baru' di perfilman. Namun apa saja pintu masuknya, karya debut menjadi penting karena mengantar para sineas ke jenis capaian baru yang menuntun ke pintu-pintu kemungkinan lain.

Pada 2017, kita mengenal beberapa film panjang debutan sutradara Indonesia, seperti Turah dari Wicaksono Legowo atau Mau Jadi Apa? dari Soleh Solihun. Pada tahun ini, akan dirilis sedikitnya lima film panjang karya perdana dari sutradara, yang masing-masing punya riwayat tersendiri.

Berikut kami rangkum enam proyek film panjang debutan sutradara Indonesia yang akan dirilis pada 2018.

1. Bunda, Kisah Cinta 2 Kodi
Film drama religi ini digarap duo penulis-sutradara Ali Eunoia dan Bobby Prasetyo. Kisahnya mengikuti seorang ibu (Acha Septriasa) yang memulai bisnis pakaian muslim anak, serta menghadapi situasi sulit ketika sang suami (Ario Bayu) menikah lagi atas wasiat ibunya.

Kisahnya adalah adaptasi dari novel Cinta 2 Kodi karya Asma Nadia. Pengusaha dan pendiri sekolah bisnis Rendy Saputra menjadi produser dengan nama Inspira Pictures. Film ini akan dirilis akhir pekan kedua Februari 2018.



2. Pai Kau
Film drama laga percintaan ini digarap oleh penulis-sutradara Sidi Saleh. Kisahnya mengikuti sepasang kekasih (Irina Chiu & Anthony Xie) yang hendak menikah, tetapi pada hari pernikahan didatangi perempuan (Ineke Valentina) dari masa lalu yang ingin membalas perlakuan sang pria.

Film ini juga merupakan debut produksi Irina Chiu dan Tekun Ji di bawah atap rumah produksi baru, Archipelago Pictures. Film ini akan dirilis akhir pekan kedua Februari 2018.

Sebelum Pai Kau, sutradara Sidi Saleh telah membuat beberapa film pendek sejak 2010. Simak lebih lanjut mengenai Sidi dan film-film pendeknya dalam artikel ini.

Sidi Saleh, Film Indie, Layar Lebar dan Kisah Minor di Hari Besar




3. Partikelir
Film laga komedi ini digarap oleh penulis-sutradara Pandji Pragiwaksono dengan co-director Raymond Handaya dan konsultan komedi Andi Awwe Wijaya. Kisah Partikelir mengikuti sahabat yang harus bekerjasama untuk memecahkan kasus kejahatan.

Film ini diproduksi oleh Chand Parwez Servia dan Fiaz Servia di bawah atap Starvision Plus, yang sejak beberapa tahun terakhir kerap berkolaborasi dengan komika sebagai kreator cerita film. Film ini akan rilis di bioskop pada akhir pekan pertama April 2018.

Partikelir (starvision plus)

4. Keluarga Cemara
Film drama adaptasi ini digarap oleh sutradara Yandy Laurens dengan penulis naskah Ginatri S Noer. Kisahnya mengikuti perjalanan hubungan sebuah keluarga, yang dulu diceritakan di sinetron populer berjudul sama era 1990-an. Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir menjadi aktor utama.

Film ini diproduksi Anggia Kharisma dan Angga Sasongko di bawah naungan Visinema Pictures dengan rekan produksi venture capital Ideosource. Sebelum film ini, Yandy lebih dulu dikenal lewat film pendek Wan An dan web series Sore.

Kru dan pemain film Keluarga Cemara (visinema)

5. Mountain Song
Film ini digarap penulis-sutradara Yusuf Radjamuda alias Papa Al. Kisahnya mengikuti ibu dan anak yang mendiami suatu pegunungan Sulawesi Tengah, tempat indah tetapi sulit dijangkau. Saat dibawa pergi karena sakit, sang ibu mengajari anak tembang tradisi lama untuk menemani dia saat sendiri.

Film ini diproduksi Ifa Isfansyah di bawah atap fourcolours film dengan rekan produksi Kedai Film dan Halaman Belakang Production. Sebelumnya, Papa Al telah membuat sejumlah film pendek seperti Wrong Day, Matahari, dan Halaman Belakang.

Mountain Song (fourcolours film)

 


(ELG)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

5 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA