Oprah Winfrey, Wanita Kulit Hitam Pertama Peraih Piala Kehormatan Golden Globe

Purba Wirastama    •    09 Januari 2018 08:43 WIB
film hollywood
Oprah Winfrey, Wanita Kulit Hitam Pertama Peraih Piala Kehormatan Golden Globe
Oprah dengan trofi Golden Globe 2018 (Foto: Time)

California: Golden Globe ke-75 memberikan piala kehormatan Cecil B DeMille kepada Oprah Winfrey atas dedikasi panjang di industri hiburan. Sejak penghargaan ini dikenalkan dalam ajang Golden Globe ke-9 pada 1952, Oprah adalah perempuan kulit hitam pertama peraih piala.

Saat memberi pidato kemenangan, Oprah menyoroti ketidakadilan rasial dan kekerasan seksual. Dia juga menyinggung soal Sidney Poitier, aktor kulit hitam pertama yang meraih Piala Oscar 1964. 18 tahun berikutnya, Sidney menerima penghargaan Cecil B DeMille. 

"Pada 1982, Sidney menerima piala Cecil B DeMille di sini dalam Golden Globes. Dalam momen yang sangat bernilai ini, ada beberapa gadis kecil yang melihatku menjadi perempuan kulit hitam pertama yang menerima penghargaan serupa," kata Oprah di Beverly Hills pada Minggu petang waktu setempat, dikutip dari The Guardian. 

"Sebuah kehormatan dan privilese untuk berbagi sore ini dengan mereka semua dan juga pria serta wanita yang telah memberi inspirasi, menantang, dan menjaga serta mendukung perjalananku hingga bisa berada di panggung ini," lanjutnya. 

Oprah, yang mengenakan pakaian hitam bersama para tamu Golden Globe lain, juga menyebut bahwa terkuaknya skandal pelecehan seksual Hollywood telah menjadi isu yang menjangkau ragam kalangan, kultur, dan tempat kerja. 

Menurutnya, banyak pekerja domestik, buruh pabrik, atau pegawai seperti ibunya yang bertahan dari kekerasan selama bertahun-tahun demi menghidupi anak-anak. Para perempuan yang tak pernah mereka kenal, tetapi telah menjadi bagian dari kehidupan politik, sosial, dan ekonomi. 

Oprah lantas bercerita tentang Recy Taylor, wanita kulit hitam yang diculik tahun 1944 dan diperkosa enam pria. Ada investigasi terhadap kasusnya, tetapi para pelakunya tak bisa dihukum saat itu. Recy baru saja meninggal akhir 2017 lalu dalam usia 98. 

"Dia hidup seperti kita, selama bertahun-tahun dalam sebuah budaya yang telah dirusak oleh pria penuh kuasa yang brutal. Sudah lama suara perempuan tak terdengar dan dipercaya jika mereka menyuarakan kebenaran terhadap pria seperti mereka," ujar Oprah.

"Namun waktu mereka telah habis. Aku ingin semua perempuan yang melihat ini, sekarang, tahu bahwa sebuah hari baru telah menanti di ufuk langit," tukas Oprah. 

Golden Globes adalah ajang penghargaan film dan televisi yang dikelola oleh Hollywood Foreign Press Association. Acara ini kerap dijadikan indikator film mana yang akan menang dalam Piala Oscar. 




(ASA)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

3 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA