Selain Home Alone, 5 Film Natal Ini Wajib Ditonton

Purba Wirastama    •    25 Desember 2017 09:23 WIB
natal
Selain Home Alone, 5 Film Natal Ini Wajib Ditonton
Elf menjadi salah satu rekomendasi film Natal yang bisa Anda tonton (Foto: Radio Times)

Jakarta: Bagi sebagian orang, akhir tahun menjadi momen berlibur dan bersantai yang relatif lebih panjang. Ada libur semester bagi anak sekolah yang diselingi perayaan Natal dan Tahun Baru.

Menonton film bisa menjadi salah satu pilihan tepat di sela-sela aktivitas liburan ini. Mungkin Anda malah sudah berencana menonton (lagi) Home Alone, film bertema Natal era 1990-an yang tak pernah lekang waktu selama 25 tahun.

Berikut rekomendasi lima film lain bertema atau berlatar Natal dari era 1990-an hingga 2000-an.

1. Batman Returns (Tim Burton, 1992)

Tak ada libur bagi Bruce Wayne (Michael Keaton) saat akhir tahun. Manusia penguin Cobblepot (Danny DeVito), yang tinggal di lorong air Gotham, bergabung dengan pengusaha kejam Schreck (Christopher Walken) untuk menjatuhkan Batman dan menguasai kota. Selina Kyle (Michelle Pfeiffer) alias Catwoman masuk ke pusaran konflik demi agendanya sendiri.

Sekuel atas film superhero Batman versi sutradara Tim Burton dan rumah produksi Warner Bros. Awalnya Tim enggan membuat film kedua ini karena berkaca dari film pertama. Namun setelah datang penulis baru dengan skenario yang lebih menarik, Tim bergabung kembali.



2. Love Actually (Richard Curtis, 2003)

Omibus berisi 10 kisah tentang orang-orang yang menghadapi konflik kehidupan cinta masing-masing sejak lima pekan jelang Natal di London. Kendati terjadi dalam situasi berbeda, 10 penggal kisah terhubung satu sama lain, misal lewat kehadiran tokoh musisi Billy Mack (Bill Nighy) dalam beberapa kisah.

Debut penyutradaraan Richard Curtis, yang sebelumnya lebih aktif sebagai penulis naskah dan produser. Selain Bill, film ini juga dibintangi Liam Neeson, Colin Firth, Laura Linney, Emma Thompson, Alan Rickman, Keira Knightley, Hugh Grant, Martine McCutcheon, dan Rowan Atkinson.



3. Elf (Jon Favreau, 2003)

Saat masih bayi, Buddy tak sengaja berpindah secara ajaib ke Kutub Utara tempat para peri sinterklas bekerja. 30 tahun kemudian, Buddy (Will Ferrel) berkelana ke New York setelah dianggap tak cocok tinggal di komunitas peri. Dia mulai mencari jati diri sesungguhnya.

Film panjang kedua Jon Favreau sebagai sutradara, sebelum dia membuat Zathura dan Iron Man 1-2. Awalnya Jim Carey direkrut sebagai aktor utama, tetapi kemudian menolak. Zooey Deschanel memerankan tokoh perempuan idaman Buddy sekaligus menyumbang satu lagu soundtrack.



4. The Polar Express (Robert Zemeckis, 2004)

Pada malam Natal, seorang bocah yang penuh keraguan dijemput oleh kereta ajaib untuk menuju Kutub Utara. Dia pun memulai perjalanan yang mengantarnya untuk memahami bahwa keajaiban hidup tak pernah pudar bagi orang yang percaya.

Kisahnya berangkat dari buku cerita anak berjudul sama karya Chris Van Allsburg. Diproduksi, ditulis, dan diarahkan Robert Zemeckis, sutradara Back to the Future dan Forrest Gump, film animasi musikal ini digarap dengan teknologi motion capture untuk menggerakan karakter. Tom Hanks memberi gerakan untuk enam karakter berbeda.



5. Kiss Kiss Bang Bang (Shane Black, 2005)

Saat berusaha kabur dari polisi, seorang perampok (Robert Downey Jr.) tak sengaja masuk ke ruang audisi dan terpilih sebagai kandidat aktor pemeran detektif. Dia pun masuk ke komunitas Hollywood dan terjerumus dalam konspirasi pembunuhan rumit bersama detektif sewaan (Val Kilmer) dan pujaan hatinya (Michelle Monaghan).

Film kriminal komedi neo-noir ini merupakan debut penyutradaraan Shane Black setelah menulis naskah sejumlah film, termasuk Lethal Weapon yang kisahnya juga berlatar momen Natal. Di sini Anda dapat melihat aksi Robert sebelum persona Iron-Man dan Sherlock Holmes.




 


(DEV)