Tiga Film Garin Nugroho akan Diputar dalam Program Bulanan CGV

Purba Wirastama    •    22 Januari 2019 09:00 WIB
film indonesia
Tiga Film Garin Nugroho akan Diputar dalam Program Bulanan CGV
Potongan adegan dalam film Kucumbu Tubuh Indahku (Foto: YouTube Fourcolours Film)

Jakarta: Jaringan bioskop CGV membuat program pemutaran baru khusus untuk film-film alternatif yang tidak beredar lewat jalur distribusi konvensional. Untuk tiga bulan pertama hingga Maret 2019, program bernama Kreasi Movie Corner ini akan menayangkan tiga film Garin Nugroho di CGV FX Sudirman Jakarta.

Kreasi Movie Corner dikelola CGV lewat divisi Rumah Kreasi dan bekerja sama dengan Info Screening, media informasi jadwal film alternatif yang berjalan sejak 2012. Ada satu film sajian setiap bulan yang akan ditayangkan empat kali setiap Selasa dan Minggu. 

"Rumah Kreasi itu salah satu wadah yang ingin kami sediakan untuk insan kreatif," kata Cempaka dari CGV dalam jumpa pers pada Minggu, 20 Januari 2019.

Cempaka menyebut bahwa mereka pernah punya program serupa bernama CGV Blitz, yang kemudian sempat berganti menjadi Rumah Film dan diadakan di Jakarta, Bekasi, dan Yogyakarta. Program itu ditutup karena kekurangan konten film untuk ditayangkan. Lewat program baru Rumah Kreasi, mereka menggandeng Info Screening untuk kurasi film.

"Kami amat sangat kekurangan konten alternatif karena kami selalu dapat film komersial. Kalau Rumah Kreasi, ini impian saya, adalah untuk film-film alternatif yang harus kami berikan ruang khusus," tuturnya.

Gita dari Info Screening menyatakan mereka hendak membantu film-film alternatif berusia lebih panjang lewat program seperti ini. Biasanya mereka hanya memberikan informasi jadwal pemutaran film alternatif dan komunitas di berbagai daerah. Kali ini, mereka juga mengadakan sendiri.

"Misi kami adalah memperpanjang nafas film ini, tidak hanya di bioskop, tetapi juga bertahan di layar alternatif dan komunitas. Tiga bulan pertama adalah fokus ke (film karya) Garin Nugroho," jelas Gita dalam kesempatan sama.

Badan Perfilman Indonesia (BPI) memberikan dukungan. Agung Sentausa dari BPI bercerita bahwa dalam Akatara 2018, banyak pihak yang ingin berinvestasi terhadap perkembangan ruang pemutaran film. Kreasi Movie Corner adalah salah satu upaya untuk memperbanyak ragam ruang putar. Dia berharap film-film alternatif ini diputar dengan harga tiket yang relatif lebih mahal demi memberikan apresiasi setara.

"Jangan sampai film-film alternatif ini, yang menang di festival, harganya lebih murah. Mungkin ada subsidi, itu yang harus dipikirkan bareng-bareng, tetapi yang pasti, layar kita harus bertambah," kata Agung.

Ruang Kreasi Corner akan dibuka dengan film terbaru Garin, Kucumbu Tubuh Indahku atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul Memories of My Body. Film ini akan ditayangkan di CGV FX Sudirman pada Minggu, 27 Januari pukul 13 WIB dan Selasa, 29 Januari pukul 19 WIB. Tiket bisa dibeli seperti film-film biasanya.

Cinta Bertepuk Sebelah Tangan akan ditayangkan pada 10 dan 24 Februari dalam sesi pemutaran pukul 13 WIB serta 12 dan 26 Februari  dalam sesi pukul 19 WIB. 

20 Tahun Reformasi akan ditayangkan pada 10 dan 24 Maret dalam sesi pukul 13 WIB serta 12 dan 26 Februari dalam sesi pukul 19 WIB.

 


(ASA)

RUU Permusikan Salah Sejak Judul

RUU Permusikan Salah Sejak Judul

1 week Ago

Setelah didalami sejumlah pihak, termasuk Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTL RUUP), te…

BERITA LAINNYA