Cerita Aktor Pengabdi Setan Saat Mendalami Karakter

Purba Wirastama    •    21 September 2017 08:16 WIB
film indonesia
Cerita Aktor Pengabdi Setan Saat Mendalami Karakter
Cuplikan trailer Pengabdi Setan (YouTube Rapi Films)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Pengabdi Setan  garapan sutradara Joko Anwar melibatkan sejumlah aktor yang harus berinteraksi sebagai anggota keluarga. Endy Arfian, pemeran anak kedua, menyebut bahwa teknik baca naskah dari Joko berbeda dengan kebanyakan film yang dia ketahui.

"Bang Joko jarang buka skenario. Jadi skenario cuma kami baca dan pahami saja. Tapi lebih sering kami hanya ngobrol langsung dengan Kak Tara Basro. Malah kadang kami disuruh untuk bikin adegan lain, bukan dari skenario," kata Endy usai press screening film PS di Epicentrum XXI Jakarta, Rabu (20/9/2017).

"Supaya mereka masuk ke karakter. Jadi aku kasih daftar. (Misal) mereka lahir tahun berapa, hobi apa, ciuman pertama kapan, patah hati kapan, semua masa lalu diceritakan," timpal Joko.

Joko menyatakan bahwa fokus utama film PS ada di naskah cerita dan karakter tokoh. Baginya, karakter yang menarik adalah karakter yang logis dan dapat dipahami oleh penonton. Untuk itu, dia mewajibkan semua aktor langsung jadi tokoh masing-masing ketika berada di lokasi latihan.

Demi semakin memperkuat akting, syuting dilakukan sesuai urutan adegan. Biasanya, jadwal syuting film dipecah berdasar pertimbangan tempat, set, waktu kisah, dan ketersediaan aktor.

Alokasi waktu 30 hari juga hanya terpakai 18 hari. 16 hari syuting berlangsung di perkebunan teh kawasan Pengalengan, Jawa Barat.

"Aku ingin pemain mengalami syuting kayak mereka mengalami kejadian (dalam film), enggak lompat-lompat. Dari adegan pertama sampai terakhir urut," ujar Joko.

"Kalau syuting kelamaan, kengerian bakal hilang," imbuhnya.

Kisah Pengabdi Setan mengikuti satu keluarga yang ibu mereka (Ayu Laksmi) sakit aneh selama tiga tahun. Setelah ibu meninggal, bapak (Bront Palarae) memutuskan untuk kerja di luar kota meninggalkan anak-anak (Tara Basro, Endy Arfian, M Adhiyat, Nasar Anuz). Tak lama, anak-anak merasa bahwa ibu kembali berada di rumah untuk menjemput mereka.

Produksi dilakukan oleh Rapi Films dan CJE. Naskah dan penyutradaraan ditangani oleh Joko. Aktor lain adalah Dimas Aditya, Egy Fedly, Arswendy Bening Swara, Elly D Lutan, Asmara Abigail, dan Fachri Albar.

Pengabdi Setan  dijadwalkan tayang di bioskop mulai Kamis 28 September 2017.
 


(DEV)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

1 day Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA